Amankan KunKer Presiden RI Danrem 161/WS Gelar Apel Pasukan Pam VVIP di Wilayah NTT

Kupang,kabar-malaka.com- Penerangan 161 Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., selaku Dansatgas Pamwil NTT memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bertempat di lapangan Makorem 161/Wira Sakti, Rabu (23/3/2022).

Apel pasukan ini digelar dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang dijadwalkan akan tiba di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Rabu, 23 Maret 2022.

Adapun tempat yang akan dikunjungi oleh Presiden RI dan rombongan ditiga Kabupaten di wilayah NTT antara lain ; akan melakukan peresmian taman pusat kuliner di depan Hotel Aston Kupang Pantai Kelapa Lima Kota Kupang yang telah rampung dibangun. Kemudian di wilayah TTS meninjau tempat anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus/stunting, dilanjutkan meninjau Sumur Bor di Desa Nule. Selanjutnya di Wilayah Belu peresmian Kampus Politeknik Pertahanan Mben Boi yang telah rampung dibangun dan peninjauan Food Estate di Desa Fatukety, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Baca Juga :  Akibat Gempa, Presiden Jokowi Khawatirkan Kondisi 500 WNI yang tinggal di Maroko

Sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Apriyanto, S.E., M.M., dalam hal ini yang dibacakan oleh Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., mengatakan, “Apel gelar pasukan pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta Rombongan di Provinsi NTT merupakan suatu kehormatan yang harus kita junjung tinggi dengan cara berbuat maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan kondusif, sehingga akan memberi arti penting bagi peningkatan citra Provinsi NTT”.

Selaku Pangkogasgabpad Ops Pam VVIP wilayah Bali Nusra, Kodam IX/ Udayana selalu bersinergi dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya melaksanakan Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI dengan mengerahkan personel yang cukup banyak. “Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal”, katanya.

Baca Juga :  Lanud Eltari Kupang Gelar Apel Gabungan Menyambut Kunjungan Presiden RI

Oleh karena itu, apel gelar pasukan perlu dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. Dalam setiap pengamanan harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru, tidak ada istilah rutinitas. “Segala sesuatunya harus betul-betul disiapkan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan akhir kegiatan”, tegas Pangdam.

“Dalam pelaksanaan tugas pengamanan akan selalu bersentuhan dengan masyarakat, untuk itu jaga hubungan baik dengan masyarakat, karena “kita kuat bersama rakyat”. Tetap jaga kesehatan dengan melaksanakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19″, tutupnya.

Tambahan dari Dansatgas Pamwil VVIP Brigjen TNI Budiman menyampaikan bahwa Komando Operasi Gabungan Terpadu Wilayah NTT, di Korem 162 NTB dan Korem 163 Bali, merekapun melaksanakan Operasi ini dan di NTT ini ada dua Komando Operasi terdepan yang melaksanakan tugas langsung pada objek yang diamankan ; yang pertama adalah Komando Operasi Paspampres tugas di ring satu dengan objek dipimpin langsung oleh Danpaspampres sebagai Panglima Komando operasi ring satu, kemudian yang kedua adalah Panglima Komando Operasi Gabungan Terpadu Udayana yaitu Pangdam Udayana beserta Wakil Panglima Bapak Kapolda melaksanakan pengamanan pada ring dua dan tiga. Oleh karenanya nanti akan ada titik bersinggungan di Sub Satgas pada garis tanggung jawab ini, koordinasikan staf Ops padukan bagaimana tugas pokok itu dengan baik”, tandasnya.

Baca Juga :  Pangdam IX/Udayana Gelar Pasukan Pengamanan di Pantai Kelapa Lima

“Terakhir, dengarkan perintah saya tindaklanjuti Satgas dan Tugas Operasi setelah pernyataan saya ini, pada hari ini Rabu, 23 Maret 2022 pukul 08.37 Wita Rencana Operasi Perisai Sakti 02 saya nyatakan berlaku dan berubah menjadi Perintah Operasi”.

Turut hadir pada kegiatan gelar ini ; Kapolda NTT, Danlantamal VII/Kupang, Danlanud Kupang, Kabinda NTT, Dansat Brimob dan Seluruh Anggota TNI Polri serta Pemda Provinsi NTT.