Indonesia Menjadi Satu-Satu Negara di Dunia Yang Memiliki Jalan Tol Terpanjang di Atas Air

Kabar-malaka.comIndonesia salah satu negara di dunia yang memiliki Jalan Tol terpanjang di atas air. Jalan Tol terpanjang tersebut terletaknya di Indonesia.

Berdasarkan fakta yang dilansir dari laman pu.go.id, jalan tol ini dibangun di atas air dengan panjang sekitar 12,7 km.

Jalan tol ini menjadi jalan tol terpanjang pertama di Indonesia yang dibangun membentang di atas air.

Selain menjadi salah satu jalan tol di atas air terpanjang di dunia, jalan tol ini juga memiliki keunikan lain.

Pembangunan jalan tol di atas air ini menelan dana dengan nominal yang fantastis, yaitu mencapai Rp14,1 triliun. Jalan tol tersebut menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor.

Baca Juga :  Gus Din: Indonesia Berduka, Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif Wafat

Jalan tol ini mampu mempermudah akses ke pelabuhan maupun kawasan wisata lainnya. Jalan tol tersebut juga dibangun oleh pemerintah Indonesia untuk menghubungkan tiga (3) wilayah, yakni wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan tol tersebut lebih dominan di bangunankan oleh pemerintah di atas air dibandingkan di daratan sehingga mengantisipasi kepadatan lalulintas di jalan umum daratan dan memangkas waktu perjalanan menjadi lebih singkat.

Baca Juga :  Ikut Taji Figur di Pilkada Malaka 2024, SN-FBN daftar ke Tiga Parpol

Nama jalan tol yang dibangun di atas air ini adalah Jalan Tol Bali – Mandara. Jalan tol ini disebut dapat memangkas waktu perjalanan dari 1-2 jam menjadi hanya 15 menit.

Jalan tol di atas air tersebut telah diresmikan pemerintah Indonesia dan mulai beroperasi sejak tahun 2013 lalu.

Selain mengantisipasi kepadatan lalulintas dan memangkas waktu perjalanan, Jalan Tol BaliMandara juga mampu menyuguhkan panorama pemandangan laut yang sangat indah.

Baca Juga :  TimNas Indonesia Resmi Bergabung di Sepak Bola Neraka Piala Dunia 2022 di Qatar

Jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol di atas air terpanjang di dunia bersama dengan Jiaozhou Bay di China dan Lake Pontchartrain Causeway di Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, Chesapeake Bay di Amerika Serikat dan Jalan Tol Penang – Malaysia masuk ke dalam beberapa jalan tol di atas air terpanjang di dunia.

Demikian informasi mengenai jalan tol di atas air terpanjang di dunia ini jadi satu-satunya di Indonesia yang punya jalur sepeda motor.***