Daerah  

Petani Malaka Minta SBS Kembali Calon Bupati, Alasanya; Program Mantan Bupati Malaka SBS di Bidang Pertanian Sangat Pro Rakyat

Kabar-malaka.com – Pengembangan di sektor pertanian menjadi salah satu perhatian Mantan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran (SBS) selama menahkodai Kabupaten selama 5 Tahun Silam.

Mantan Bupati SBS menilai sektor pertanian sangat berkontribusi sebagai tonggak perekonomian daerah. Hal ini karena luas lahan pertanian serta tenaga kerja di sektor ini presentasinya masih sangat mendominasi dan memiliki potensi yang luar biasa.

Demikian ungkap Mantan Bupati SBS di saat debat Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Malaka pada tahun 2019 yang lalu.

Selain itu, kata SBS, sektor pertanian juga sangat diandalkan untuk memulihkan ekonomi yang hampir lumpuh kala itu.

Baca Juga :  Dr. Simon Nahak: Saatnya Kerja Membangun Malaka Tinggalkan Politik Balas Dendam

Sementara itu, salah seorang Masyarakat Desa Fafoe Maria mengungkapkan bahwa program Mantan Bupati Malaka SBS waktu itu sudah cukup membantu masyarakat.

Terkait hal tersebut, berbagai program Pemerintah Kabupaten Malaka di bidang pertanian dinilai pro rakyat dan betul-betul menyentuh kebutuhan masyarakat petani.

Penilaian ini diutarakan oleh Maria seorang petani Desa Fafoe, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka ini kepada media, Sabtu (02/03/2024).

Menurutnya, selama kepemimpinan mantan Bupati SBS berbagai bantuan telah dinikmati oleh petani mulai dari alat mesin pertanian (Alsintan), benih, bibit dan pupuk.

Terlebih lagi program yang dinilainya sangat dibutuhkan oleh para petani. Ia menyebutkan salah satu contohnya adalah program pengembangan benih jagung.

Baca Juga :  PemDes Oan Mane Gelar Musyawarah Perubahan APBDes Tahun Aggaran 2023

“Dalam program ini kami mendapat pendampingan dan diajarkan bagaimana bisa menghasilkan benih jagung yang unggul dan berkualitas tinggi,” ucapnya.

Bukan hanya itu kepedulian Pemerintah Daerah kepada petani saat musim tanam saat itu juga dinilai sangat membantu para petani melalui bantuan pupuk organik secara gratis.

“pada waktu itu kami juga mendapatkan bantuan pupuk organik secara gratis. Puji Tuhan bantuan itu sangat bermanfaat agar kualitas produksi jagung bisa lebih meningkat dan terhindar dari hama,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Simon Beri Tiga Tips Bagi Guru Agama Katolik dan Serukan Integritas Moral

Ia mengakui bahwa saat itu dirinya menyampaikan kepada Mantan Bupati SBS agar berbagai program di bidang pertanian ini terus berlanjut sehingga para petani di Malaka bisa menghasilkan produksi yang melimpah dan berkualitas untuk mendukung swasembada pangan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saat itu saya sampaikan langsung di depan, Semoga kali ini dia ebali mencalonkan diri sebagai Bupati Malaka 2024 ini. Sehinga kalau beliau lolos, kedepan Pemerintah Daerah tidak bosan-bosan memfasilitasi kami apa yang menjadi kebutuhan petani. Tentu kami juga harap terus bisa diberikan arahan, motivasi dan bimbingan khususnya dari instansi terkait,” Pungkasnya.***