Selain Urus Pemerintahan, Simon Nahak Turut Hadir Dalam Hamis Batar di Umakakaluk Umaneke Ikumuan

Dr. Simon Nahak, S.H., M.H Turud hadir dalam Ritual Hamis Batar di Rumah sukunya di Umakakaluk Umaneke Ikumuan.

Kabar-malaka.com – Selain Mengurus Pemerintahan Kabupaten Malaka, Dr. SimonNahak, S.H., M.H juga tak lupa akan Adat dan Budaya di KabupatenMalaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam acara ritual tersebut, hadir juga tua adat dan keluarga besar Umaneke Ikumuan yang mengikuti ritualHamisBatar.

Diketahui, dalam ritual merupakan suatu proses komunikasi yang terjadi apabila manusia berinteraksi dalam aktivitas komunikasi, menyampaikan pesan mewujudkan motif komunikasi.

RitualHamisBatar dikatakan sebagai komunikasiritual karena memiliki unsur-unsur dalam komunikasi ritual yakni komunikator, pesan, media, komunikan dan efek.

Baca Juga :  Camat Loura Minta Pemerintah Desa Back Up Dinas Lingkungan Hidup

Proses penyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan ini sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih kepada sang pencipta atas panen yang mereka peroleh selama setahun.

Ritual Hamis Batar di Umakakaluk Umaneke Ikumuan.

Karena utu, Motif Umakakaluk Umaneke Ikumuan melakukan ritualHamisBatar karena merupakan suatu tradisi yang sangat sakral yang dilaksanakan pada musim panen jagung dan menjadi tradisi wajib tahunan.

Keluarga Umakakaluk Umaneke Ikumuan mengadakan ritualHamisBatar di Desa besikama untuk bersyukur kepada leluhur dan Tuhan atas hasil panen dan untuk melestarikan tradisi yang sudah menjadi turun temurun.

Baca Juga :  Heboh! Dua Anggota DPRD Malaka Salah Masuk Kamar Saat Bupati Audiens Sama GEMMA

Umakakaluk Umaneke Ikumuan memaknai ritualHamisBatar sebagai suatu ritual yang sangat suci dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Umakakaluk Umaneke Ikumuan percaya bahwa tradisi ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan para leluhur atau nenek moyang dan Tuhan sang pemberi kehidupan.

Atas dasar KomunikasiRitual Hamis Batar, maka Kali ini pada Senin, 25 Maret 2024, SimonNahak mengikuti Acara HamisBatar di Umakakaluk Umaneke Ikumuan.

Baca Juga :  Rehab Rujab Bupati Malaka Rp 2,1 Milyar Berdasarkan Kontrak Proyek

Proses komunikasiritulHamisBatar pada masyarakat Umakakaluk Umaneke Ikumuan merupakan motif dan makna dalam adatIstiadatMalaka.

“Iya, sementara ikut ritual hamis batar di Umakakaluk Umaneke Ikumuan. Sesibuka apapun kita selain di Pemerintahan, juga kita tidak lupa untuk ikut ritualHamisBatar. Karena hamis batar ini setahun sekali. Ini Budaya dari sejak dari nenek moyang kita, jadi kita perlu teruskan ritual seperti ini,” Ungkapnya.

Redaksi://Arro

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.