Daerah  

Pemdes Motaulun Kembali Bersinegi Dengan Cis Timor dan Mitra Oxfam Amerika

Kabar-malaka.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Circle of Imagine Society (Cis) Timor dan MitraOxfamAmerika menggelar kegiatan di DesaMotaulun, Kecamatan Malaka Barat, KabupatenMalaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/06/2024).

Diketahui, CisTimor dan mitraOxfamAmerika bekerja sama PemerintahDesaMotaulun sudah sejak Tahun 2021 hingga sampai sekarang. Kali ini Cis Timor dan mitra Oxfam Amerika kembali bersinergi bersama Pemerintah Desa Motaulun.

Salah satu Tim CisTimor kepada media mengungkapkan, bahwa pihaknya bekerja sama PemerintahDesaMotaulun dan kegiatan sudah dilaksanakan lagi hari ini, tepatnya Rabu (12/06/2024).

Menurut Tim, tujuan kegiatan ini untuk merefleksikan apa yang sudah diberikan oleh Cis dan seberapa puas masyarakat dalam hal ini tim siaga bencana dan Pemerintah Desa selama ini.

“Hal ini dilakukan untuk kita ketahui, apakah berjalan dengan baik atau ada kekurangannya. Jika ada kekurangan maka akan diperbaiki dan yang baik bisa dipertahankan,” Tandasnya.

Sementara itu, KepalaDesaMotaulun, YuliusAlfiandryYesayaSeran, S.Pd menjelaskan, bahwa kegiatan ini bentuk kolaborasi pihak pemdes bersama CisTimor dan MitraOxfamAmerika.

Baca Juga :  PemDes Oan Mane Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

“Kerja sama ini sudah lama dari sejak tahun 2021 hingga sekarang. Kita bangun kerjasama dengan CisTimor dan mitraOxfamAmerika dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa lewat berbagai macam kegiatan di antaranya pembentukan TimSiagaBencanaDesa (TSBD) dan Pendampingan dalam BidangSanitasilingkungan dan Pembuatan Demplot Desa,” Ungkap Kades Kepada media Rabu, (12/06/2024).

Kades Sapaan Karib Vicky juga menjelaskan, Bentuk kegiatan juga termasuk refleksi implementasi dan perencanaan program tahunan yang sudah dilakukan selama Tiga (3) Tahun di desa ini.

“Dari hasil refleksi ini untuk membedah dan melihat kembali pencapaian-pencapaian program yang sudah dilakukan melalui program tanggap darurat bencana badai siklon tropis Seroja yang terjadi beberapa waktu lalu,” Ujarnya.

Dikatakannya, selama ini Tim sudah memahami tiga hal yang di terapkan CisTimor dan mitraOxfamAmerika selama ini dan semua berjalan sesuai harapan.

“Jadi tiga hak yang dimaksud adalah, memperkuat kapasitas TimSiagaBencanaDesa terhadap perkembangan kegiatan manajemen internal untuk memastikan struktur dan Tim telah memahami peran serta rencana kerja itu. Sehingga sampai hari ini semua berjalan baik seperti biasanya,” Jelasnya.

Baca Juga :  Wabup Malaka Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani

Vicky juga mengungkapkan, untuk memperkuat Desa, pihaknya selalu membangun hubungan kerjasama terkait dengan apapun dukungan yang akan dilakukan oleh tim kampungsiaga selama ini.

“Maksud dari dukungan itu bagaimana kegiatan mereka ini bisa disupport dari Desa. Bagaimana mereka bisa didukung oleh kita sebagai pihak PemerintahDesa untuk kegiatannya bisa berjalan,” Katanya.

Kades muda ini juga selalu menjnjunjung tinggikan sangat bagi para tim Siaga Bencanan Desa. Dikatakannya, Selain itu soal dapat menghubungkan pihaknya dengan Pemerintah Desa dan Dinas Sosial yang ada Tagana serta BPBD ataupun unit-unit lain.

Tak lupa juga kadesVicky menjelaskan bahwa keterlibatan timsiagabencanaDesaMotaulun didominasi oleh kaum perempuan.

“Ini juga bagian dari pemberdayaan kaum perempuan yang dapat berpartisipasi dalam membangun kesiapsiagaan” Tandas Vicky.

Baca Juga :  Jembatan Penghubung Jalan ke PLBN Motamasin Putus, Dinas PUPR Malaka Akan Bangun Jalan Alternatif

Terkait dengan kehadiran CisTimor dan mitraOxfamAmerika di DesaMotaulun, kata kades, ada beberapa hal positif yang dihasilkan selama kehadiran Cis Timor di Desa Motaulun.

Dimana dengan kehadiran CisTimor dan mitraOxfamAmerika, DesaMotaulun telah memiliki data pilah dimana hal ini menjadi model di Desa.

“Yang artinya dimana tim bisa mengetahui tentang data penyandang disabilitas di Desa dan berapa banyak lansia di Desa,” tukasnya.

Diketahui, TimCisTimor dan mitraOxfamAmerika hadir di DesaMotaulun karena satu-satunya Desa di kabupaten Malaka yang sudah menjadi Desa Siaga/Tangguh Bencana.

Oleh karena itu PemdesMotaulun sangat berterima kasih kepada CisTimor dan MitraOxafamAmerika yang sudah banyak membantu dalam pemberdayaan masyarakat desa dengan berbagai macam kegiatan pendampingan.

“Terimakasih atas kerja samanya. Oleh karena itu besar harapan semoga kerja sama ini terus berjalan,” Pintanya.

Perlu diketahui CisTimor dan MitraOxfamAmerika memperpanjang masa baktinya di DesaMotaulun hinggan tahun 2026.

Redaksi://Arro

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.