Daerah  

Kades Kufeu dan Kapus Bani-Bani Kolaborasi Dekatkan Pelayanan BPJS Kepada Masyarakat

Kabar-malaka.comPemerintah Desa Kufeu dan Puskesmas Bani-Bani berkolaborasi mendatangkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kegiata ini dilakukan di Polindes kufeu, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 30 Mei 2024.

Kepala Puskesmas (Kapus) Bani-bani, Josefina, kepada media mengungkapkan bahwa pihaknya berkolaborasi bersama Pemerintah Desa Kufeu untuk mendatangkan BPJS Kesehatan.

“Kita kerja sama dan sepakat untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat disini. Karena itu kita mendatangkan pihak BPJS dari Betun-Malaka,” Katanya.

Josefina menjelaskan, dalam kegiatan tersebut untuk melakukan pengalihan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) masyarakat yang terdaftar dalam JKN.

Baca Juga :  ASEAN Summit Akan Digelar di Labuan Bajo, Tokoh Masyarakat Ajak Warga Jaga Kantibmas

“Ya, dari pada masyarakat buang-buang uang dan capeh-capeh di jalan untuk pulang pergi, lebih baik kita mendatangkan BPJS untuk mendekatkan Pelayanan Kepada Mereka disini,” Ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Kufeu yakni Jun Kabosu, juga memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas upayanya memberikan pelayanan dan pemahaman kepada masyarakat.

“Intinya kegiatan ini saya sangat mengapresiasinya. Masyarakat juga sangat antusias, karena pentingnya program JKN bagi masyarakat kami,” Ucap Kades Sapaan Karib Jun pada media (30/5/2024).

Baca Juga :  Bupati Simon Apresiasi Dekranasda Bawa Kabupaten Malaka Raih Penghargaan Apkasi Otonomi Expo 2022

Antusias masyarakat terlihat dari penuhnya ruang pertemuan Polindes kufeu. Menurut Jun, masyarakat hadir dalam kegiatan BPJS karena masyarakat berpendapat BPJS Kesehatan banyak membantu masyarakat.

Ia menambahkan, adanya kegiatan BPJS juga yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses layanan administrasi dan pelayanan secara langsung dari Program JKN.

“Karena BPJS Kesehatan sangat membantu memberikan edukasi ke masyarakat. Mulai dari apa yang menjadi manfaat dari Program JKN hingga hak dan kewajiban sebagai peserta JKN” ucapnya.

Baca Juga :  Pemilik Warung Bundo Kanduang Akan membersihkan Depan Halamannya

Selain mendapatkan edukasi, Jun mengakui dirinya bersama kapus kolaborasi dengan adanya melakukan pendekatan pelayanan BPJS akhirnya masyarakat bisa mengakses layanan pengurusan administrasi, cek keaktifan peserta, perubahan data, serta pemberian informasi terkait Program JKN dengan mudah tanpa harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan BPJS hari ini adalah hal yg sangat baik dan penting. Khususnya untuk masyarakat, ini merupakan bagian dari upaya jemput bola BPJS Kesehatan untuk masyarakat kami, pastinya bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Redaksi://Arro