Digadang-gadang Salah Satu Paket Tidak Dapat Pintu Parpol Untuk Ikut Pilkada Malaka, Tim KIT-EBA Mulai Bingung

Kabar-malaka.com – Masih ada kesempatan bagi Partai Peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk mengusung bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

Kabupaten Malaka digadang-gadang akan mengerucut kepada tiga (3) paket yang akan maju untuk meramaikan Bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Malaka 2024.

Tinjauan Media ini, Jumat, 24 Mei 2024 di Malaka, diprediksi dari tiga (3) paket yakni SN-FBN, SBS-HMS dan KITAEBA ini kemungkinan besar Pasangan Bakal Calon dengan tagline Paket KITA-EBA terancam tidak dapat mengikuti pesta demokrasi Pilkada Malaka 2024.

Paket KITA-EBA arus utamanya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan resmi menerima SK oleh Ketua DPC Partai PKB Malaka Kim Taolin yang adalah Bakal Calon Wakil Bupati Malaka ini di Jakarta beberapa hari lalu.

Baca Juga :  Dibawa Kepemimpinan Simon Nahak, Pemda Malaka Kembali Salurkan BST Untuk Mahasiswa/i dan Pelajar SMA/SMK

Namun beredar rumor, beberapa partai politik seperti Golkar, PDIP, Gerindra, Nasdem, PSI, Demokrat, PAN, Perindo akan menyebar ke SBS dan SN-FBN, sedangkan PKB ke paket KITA-EBA hanya berharap pada PKB.

Perolehan kursi 9 Parpol yang lolos pemilu 14 Februari 2024, Golkar 4 Kursi, PDIP 3 Kursi, Gerindra 3 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PSI 3 Kursi, Demokrat 3 Kursi, PAN 2 Kursi, Perindo 1 Kursi, dan PKB 3 Kursi.

Dari 9 Parpol ini, hanya PKB yang sudah dipastikan jatuh ke tangan paket KITA-EBA, sedangkan 8 Parpol lainnya berpotensi menjadi ancaman mematikan bagi paket KITA-EBA untuk lolos sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka 2024, karena syarat kuota kursi untuk paslon yang bertarung adalah 5 kursi.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan kepada Ahli Waris Almarhum Simon Bria

Sedangkan Paket KITA-EBA Hanya mendaftar di beberapa partai, Yakni di Partai yakin GERINDRA, PSI dan PAN. Jika ketiga Partai tersebut tidak ke paket tersebut, malaka KITA-EBA akan tidak ikut bertarung di Pilkada Malaka 2024 ini.

Karena itu, situasi ini memungkinkan pertarungan Figur Bakal Calon Pilkada Malaka 2024 akan mengerucut ke 2 paket yakni SN-FBN dan SBS-HMS.

Rumornya, Partai Golkar akan membawa 4 kursinya ke SBS. Sedangkan SN-FBN akan mendapat dukungan dari PDIP 3 kursi, Gerindra 3 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PSI 3 Kursi, Demokrat 3 Kursi. Lalu, PAN dengan 2 Kursi dan Perindo dengan 1 kursi diisukan akan terbagi ke paket SBS dan SN-FBN juga.

Baca Juga :  Bupati Malaka Lantik Pejabat Tinggi Pratama dan Administratur

Melihat hal tersebut Salah satu Tim Penggerak KITA-EBA merasa bingung dan ragu. Kendati demikian disampaikan salah satu Tim KITA-EBA berinisial (D) di Malaka, melalui telepon Wats-Ap media ini, Sabtu 25 Mei 2024.

Dirinya menghubungi media ini sembari menanyakan perkembangan langkah beberapa partai politik tersebut karena merasa kebingungan.

“Ini benar kow, Kami sudah bingung mau bagaimana? ini berita sangat bagus dan membuat kami bingung. Tunggu saya komunikasi sama orang-orang saya punya dulu supaya kami bahas langkah dukungan kami kedepan,” Ungkapnya.***