Daerah  

Masa Kepemimpinan Bupati Simon Nahak Dalam 3 Tahun Penuh Gebrakan dan Pembawa Perubahan

Bukti Kontribusi Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H Hanya Selama 3 Tahun.

Kabar-malaka.com – Masa kepemimpinan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H,. dalam 3 Tahun menuaikan banyak mamfaat.

Hal tersebut diungkapkan oleh andri mahasiswa Unimor asal Malaka ini bahwa, Walau hanya 3 Tahun memimpin, ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang penuh gebrakan dan membawa beragam perubahan positif bagi daerah Malaka.

“Banyak gebrakan dan gagasan yang telah dilakukan Bupati Malaka saat ini, yakni Simon Nahak. Terbukti dari sejumlah program strategis dan raihan penghargaan selama masa kepemimpinan beliau,” ujar Andri.

Dibawah kepemimpinan Simon Nahak, komitmen pelayanan untuk masyarakat Malaka tertuang dalam program SAKTI. Yakni, beberapa program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) malaka dan diimplentasikan dengan cara CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparansi, dan Responsif).

“Beliau selalu mengontrol agar jajaran ASN di Kabupaten Malaka bisa cepat dalam menangani masalah, memberikan pelayanan optimal kepada seluruh warga Malaka, serta efisien dan transparan dalam pemanfaatan anggaran,” jelasnya.

Malaka CETTAR kemudian menjadi landasan segenap mahasiswa Unimor ini melalui pandangannya bahwa, dalam menjalankan berbagai program strategis yang telah dirumuskan Simon Nahak sudah sangat bagus. Sehingga setiap program strategis yang ada dapat berjalan tepat sasaran dan membuahkan hasil.

Baca Juga :  Dinas Katapang Salurkan Bantuan Beras Kepada 275 KPM di Desa Fafoe

Perihal program strategis, salah satu gebrakan berani di bidang pendidikan untuk mewujudkan Malaka Cerdas adalah dengan memberikan Kartu Malaka Cerdas (KMC) sejak awal masa kepemimpinannya. Melalui APBD Malaka, pemkab memberikan bantuan KMC bagi siswa tingkat SMA/SMK, baik negeri maupun swasta dan Siswa Berprestasi serta Mahasiswa/i yang sedang menjalankan tugas akhir.

“Ini adalah upaya menciptakan akses pendidikan rata-rata di NTT. Juga, tentu saja menjadi wujud keseriusan Simon Nahak dalam menyiapkan generasi berkualitas untuk mewujudkan Generasi Emas 2045,” tutur Andri.

Berikutnya, dalam bidang Kesehatan, belum lama ini Bupati Simon Nahak juga menggagas tentang malaka Seger (Malaka Seneng Gerak). Melalui gagasan ini SN ingin mendorong masyarakat untuk menerapkan pola perilaku hidup sehat, bugar, dan aktif.

“Ini bukan sekedar jargon semata. Untuk merealisasikan tentang Seger, Bupati Simon Nahak juga telah menanamkan Kartu Sehat untuk pengobatan Gratis dan diketahui publik dengan sangat representatif, ini menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas jasmani yang murah, sehat, dan menyenangkan,” tambahnya.

Sementara dalam upaya peningkatan perekonomian, Simon Nahak juga telah melakukan berbagai pendekatan. Terutama dalam rangka pemulihan perekonomian Malaka yang saat ini masih berjalan, tapi harus dengan secara bertahap.

Baca Juga :  Pelepasan Purna Bakti Pengawas kecamatan Kodi dan Guru di Lingkungan SDN Peha

Simon Nahak optimis. Hanya saat ini beliau selalu mengupayakan untuk bisa menjadi penyangga perekonomian di Malaka. Walau belum 100%, namun perlahan pasti bisa karena beliau juga sedang berupaya untuk mewujudkan ekonomi inklusif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Malaka,” terangnya.

Berbagai program strategis yang menurut pandangan mahasiswa Unimor ini bahwa diiringi dengan implementasi CETTAR, terbukti Simon Nahak telah membuahkan hasil di Malaka.

Sehingga kata Andri, banyak perubahan dan capaian positif yang dapat diraih Malaka. Misalnya, tercermin pada Indeks Pembangunan ada beberapa pembangunan yang terealisasi tanpa kendala. Dimana pengukuran indeks tersebut memperhatikan beragam indikator, baik terkait kesehatan, pendidikan dan perekonomian dan pembangunan fisik.

“Berdasarkan data yang kita dihimpun, Brend Beras Nona Malaka dalam musim oktober-maret 2022/2023 pada MT 1 dengan luasan 3,500 Ha dengan target produktivitas 6,5 ton/Ha dan hasilnya kurang lebih 22.750 Kg. Dan musim tanam april-september 2023 MT 2 dengan luasan 950 Ha dengan produktivitas 6 Ton/Ha dengan hasil kurang lebih 5.700 Kg. Sehingga produksi Gabah dari pemerintah mencapai kurang lebih 28.450 GKG. Sedangkan KMC dari Pemerintah Malaka sudah sangat cukup membantu. Data selanjutnya kita punya pembangunan fisik yang berjalan di masa kepemimpinan Simon Nahak, Yakni Pukses Wewiku, perpustakaan daerah, Kantor Bupati sementara berjalan, Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati, lampu lalu lintas dan aspal Hotmix di kota betun dan beberapa wilayah di lingkungan Malaka. Rincinya.

Baca Juga :  Diduga Penetapan Desa Umatoos Terpilih Melanggar Hukum, Roni Seran Ajukan Keberatan

Selain itu kata andri, sosok Simon Nahak tak kalah jauh dalam hal berinteraksi sosial di lingkungan masyarakat, dimana setiap kondisi alam yang terjadi selalu diperhatikan Bupati Malaka.

“Bukti itu ada dan pasti, Simon Nahak selalu membangun kedekatan melalui komunikasi dengan para pemangku rumah suku dan masyarakat se-malaka. Ini sudah cukup dari seorang pemimpin yang kreatif, inovatif, pandai dan cerdas melindungi hubungan antar sosial dalam kemasyarakatan. Tambah lagi SN selalu hadir untuk masyarakat yang tertimpa bencana. Karena itu Bupati mungkin saat ini sedang mangan tanggul,” Pungkasnya.

Demikian Gebrakan dan Pembawa Perubahan dalam masa kepemimpinan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H,. di Kabupaten Malaka.

Redaksi://Arro