Daerah  

Bupati Simon Nahak Serahkan Mobil Pelayanan Bagi Umat di Dekenat Malaka

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H Serahkan Mobil Pelayanan Bagi Umat Beriman di Dekenat Malaka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT, Jumat, (15/3/2024).

Kabar-malaka.comBupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H menyerahkan mobil pelayanan kepada umat di Dekenat Malaka, Jumat, (15/3/2024).

Mobil yang diserahkan bermerek  Inova itu bertepatan dengan momen HUT ke-54 Deken Malaka, Pater Hironimus Moensaku, SVD.

Penyerahan mobil dari Bupati Simon tersebut disaksikan langsung Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Atambua, Pater Vinsentius Wun, SVD dan Ketua Komisi Perdamaian dan Keadilan, Romo Paulus Nahak I, Pr.

Kaban Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah, Yosefina Bete Manek, S.Sos., M. Si dalam laporannya mengatakan, mobil yang diserahkan itu merek inova berwarna silver.

Hal demikian dilakukan sesuai prosedur dan melalu diproses administrasi berdasarkan usulan proposal permohonan yang di sampaikan beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Raih 30 Ribu Lebih Suara, Eks Ketua PP PMKRI Beni Papa Ucapkan Terimakasih Pada Masyarakat Dapil Sulsel 1

“Berdasarkan proposal Pater Deken Malaka atas nama imam dan umat. Lali kita memroses administrasi, sehingga baru diserahkan mobil dengan status pinjam pakai sesuai regulasi” Jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pater Deken Malaka juag mengatakan, pemerintah dan hirarki gereja memiliki tanggung jawab yang sama dalam membangun kesejahteraan umat baik rohani maupun jasmani.

“Pemerintah telah membantu gereja dalam kelancaraan pembinaan iman umat. Sehingga bantuan ini sudah konstitusional dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Menurutnya, bantuan mobil sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap iman dan umat, sehingga Pater Deken sebagai wakil umat akan selalu berjalan seirama dengan pemerintah.

Bupati Simon juga sangat peduli dengan kebutuhan liturgi, sarana ibadah, dan bantuan rohani lainnya. Sehingga Gereja mendukung pak bupati dalam pelayanan kepada masyarakat,” Ungkapnya penuh doa.

Baca Juga :  Dinas Pertanin Provinsi NTT Dukung Pemda Malaka Untuk Musim Tanam Satu

Sementara itu, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H mengatakan, penyerahan mobil dilakukan sesuai aturan berdasarkan permohonan yang diajukan Pater Deken Malaka.

Dikatakannya, Mobil Inova dengan status pinjam pakai diserahkan dengan payung hukum yang jelas dan tegas terkait pengelolaan aset daerah.

“Ini bukan penyerahan, yang foto copy kegiatan atau ikut-ikutan. Akan tetapi, clear secara yuridis dan sesuai pula dengan program ke-2 dari keseluruhan Program SAKTI, pengembangan iman umat dan toleransi antar umat beragama,” Ujarnya.

Sehingga, Kata Simon Nahak, mobil ini dapat dimanfaatkan untuk melayani iman umat dan meningkatkan toleransi antar umat beragama.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Malaka 2024, Sejumlah Keluarga KITA-EBA Dukung SN-FBN, Ada Apa Dengan KITA-EBA?

“Saya menyerahkan dengan tulus, karena Pater Deken, Pater Vikjen dan umat seluruhnya telah mendoakan perjalanan pemerintahan dan pembangunan terutama di saat bencana seperti ini. Doa memberi kekuatan, di saat bencana yang terjadi dan menimpa lokasi yang di luar kewenangan daerah. Tetapi pemerintah daerah telah bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai untuk membangun tanggul,” Tandasnya

Turut hadir dalam penyerahan mobil Kadis Nakertrans, Kladius Kapu, SE, Kabag Protokol, Ferdinand Hendro Babu, S.Ip, Kabag Pemerintahan, Irene Noviasalalita, SE, M.Si, Kabag Kesra, Irene Maria Taolin, SH, Kabid Aset BPKPD, Erny Bere.

Redaksi://Arro