Daerah  

OPD Mulai Tangani Kerusakan Jalan Malaka Timur dan Tanggul Malaka Barat, Bupati Malaka Beri Apresiasi

Kabar-malaka.com – Pimpinan dan Staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah mulai melakukan pekerjaan pencegahan kerusakan jalan di Desa Kusa, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain perbaikan kerusakan jalan tersebut, Dinas terkait juga melakukan pekerjaan pembangunan tanggul untuk pencegahan tanggul di kecamatan Malaka Barat.

Pergerakan pekerjaan pencegahan kondisi darurat untuk jalan yang putus dan tanggul tersebut, mendapatkan apresiasi dari Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H atas peran dan kerja OPD.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Paul Miki, ST kepada media, Rabu (13/3/24) malam mengatakan, kerja dinas dalam rangka mencegah kerusahakan ruas jalan Sitrua dan banjir dilakukan sebelumnya.

Baca Juga :  Bupati Malaka Sematkan Cendramata Bagi Pensiunan ASN

Giat pencegahan itu dilakukan atas koordinasi dengan Kades Kusa, Yustina Bete Riu setelah melakukan pengecekan jalan yang rusak di Desa Kusa, Kecamatan Malaka Timur.

“Meski saya belum di Dinas PU, tapi Dinas sudah surati Dinas PU Provinsi dan Balai Jalan agar segera perbaiki deker di Sitrua yang terancam rusak. Saat terjadi kerusakan, saya selalu di lokasi dan bermalam. Jalur alternatif kita sudah buka, dan gelagar dan bronjong, segera dipasang. Izin pak bupati, saya belum ke kantor sejak dilantik, karena selama ini di lokasi. Tapi, aktivitas kantor seperti biasa,” kata Paul saat melaporkan kegiatan, Rabu (13/3/24) malam.

Lebih lanjut, kata Paul, terkait perbaikan kerusakan jalan Sitrua dan pembangunan tanggul, tim dari provinsi akan turun ke lokasi besok kamis, 14 Maret 2024 hari ini.

Baca Juga :  Bupati Simon : Bukan Hanya Sepak Bola, Malaka Banyak Lahirkan Atlet Tinju Nasional

Kedatangan tim provinsi untuk mengecek jalan dan tanggul yang rusak. Terkait teknis pekerjaannya yang maksud akan disampaikan pihak provinsi kepada Bupati Simon.

Sementara itu, sesuai kerja masing-masing tupoksi setiap OPD, Yakni Kadis Sosial, Marselina Klau, Kalak BPBD, Stefanus Nahak Klau, Kadis Pertanian, Drh. Yanuaria Maria Seran, Plt Kadis Perikanan, Eduardus Atok sudah persiapkan semua sudah dari sejak awal terjadinya banjir.

Terkait pelayanan air bersih, kesiapan Dinas Kesehatan dan pendataan OPD terkait sudah dilakukan sejak awal hingga dikeluarkan pernyataan bencana untuk penanganan sesuai prosedur.

Baca Juga :  Diduga Penetapan Desa Umatoos Terpilih Melanggar Hukum, Roni Seran Ajukan Keberatan

Atas kinerja OPD, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H berikan mengapresiasi karena telah menjalankan tugas untuk pencegahan dan penanganan kerusakan jalan Sitrua dan perbaikan tanggul.

Kata Simon Nahak, OPD-OPD sedang melakukan pekerjaan sesuai tupoksi dalam rangka penanganan kerusakan jalan Sitrua dan perbaikan tanggul untuk penanggulan bencana banjir di Kecamatan Malaka Barat.

“Terkait rencana kedatangan dari tim provinsi kita siap terima. Terima kasih untuk OPD yang sudah bekerja dan jaga kondisi untuk tetap melayani masyarakat,” Ucap Bupati Simon saat rapat penyampaian laporan kegiatan penanangan jalan Sitrua dan banjir di Rujab Bupati Malaka Umasukaer, Rabu (13/3/24) malam.

Redaksi://Arro