Daerah  

Bupati Malaka Dr. Simon Nahak Resmikan Rumah Adat Lo’o Oan

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H Resmikan Rumah Adat Lo'o Oan, di Desa Weulun, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, NTT, Rabu, (13/03/2024).

Kabar-malaka.comBupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H meresmikan Rumah Adat Lo’o Oan yang berada di Desa Weulun, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (13/3/2024).

Kedatangan Bupati Malaka dan rombongan disambut dengan baik oleh masyarakat dan tua Adat Lo’o Oan.

Diketahui, pembangunan rumah adat ini adalah hasil karya masyarakat adat Desa weulun kususnya suku Lo’o Oan.

Baca Juga :  Hakikat Pembangunan Pemerintah SNKT Adalah Dari SNKT, Oleh SNKT Untuk Rakyat Kabupaten Malaka

Rumah adat bukan hanya sekedar bangunan fisik, tetapi juga merupakan simbol dari identitas dan kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan.

Melalui rumah adat ini, kita dapat mempelajari sejarah dan nilai-nilai luhur yang telah diteruskan dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu, peresmian rumah adat Lo’o Oan merupakan bukti nyata dari semangat kebersamaan dan kecintaan kita terhadap warisan budaya dan tradisi adat Istiadat di Malaka.

Baca Juga :  Resmi Dilantik Sebagai Kepala Desa Defenitif Norbertus Nahak, S. Sos Gemparkan Oan Mane

Mari kita jadikan rumah adat ini sebagai tempat berkumpulnya generasi muda untuk belajar dan melestarikan budaya nenek moyang kita di Kabupaten Malaka.

Rumah Adat tersebut sudah bisa difungsikan karena sudah diresmikan dan sangat representatif.

Sebuah rumah yang disarankan para leluhur senjak dahulu perlu dirawat dan dipelihara dengan baik agar tetap berdiri kokoh. Karena membangunnya mudah tetapi merawatnya sangat sulit.

Baca Juga :  Warga Minta Pemkab Malaka Buka Mata Untuk Bangun Tanggul di Desa Oan Mane

Pembangunan rumah adat Lo’o Oan ini merupakan bagian dari pelestarian budaya dan adat istiadat yang harus dipertahanka di bumi Malaka.

Atas dasar itu merujuk pada program Pemda, Pemerintah Daerah tetap mendukung dan menyambut baik berdirinya rumah adat ini.

Redaksi://Arro