Kuliah Umum Prodi Pendidikan Matematika Unimor Angkat Tema Keren Ini

Foto://Kuliah Umum Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor, Kefamenanu.

Kefamenanu, Kabar-malaka.comKuliah Umum digelar Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika di Gedung Student Center Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Jumat (13/10/2023).

Kuliah umum yang digelar Prodi Pendidikan Matematika Unimor kali ini mengangkat tema: “Edupreneur Berbasis Kearifan Lokal”, dengan narasumber tunggal Kristianto Senda, S.Psi alias Dicky, Co-Founder Lakoat Kujawas.

Dalam sambutan pada acara seremoni pembukaan, Ketua Panitia Dominifridus Bone, M.Psi salah satu dosen Prodi Pendidikan Matematika, menerangkan bahwa kegiatan kuliah umum ini dilatarbelakangi oleh 3 (tiga) hal penting berikut.

Pertama, program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yakni menanamkan spirit enterpreneur (jiwa kewirausahaan) kepada generasi muda Indonesia mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

Kedua, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unimor merupakan salah satu dapur pendidikan yang menggodok insan-insan yang akan bergelut dalam dunia pendidikan pada masa depan.

Baca Juga :  Pemerintah Desa Rainawe Terima 8 Mahasiswa PKM dari UNIMOR

Ketiga, gagasan bahwa Indonesia harus mempunyai generasi masa depan yang berwawasan global dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Sebab spirit enterpreneur harus berpijak pada konteks kehodupan konkrit, yang berangkat dari lokalitas manusia.

Sementara itu, Dicky Senda dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya senang tema kearifan lokal ini diangkat. Menurut dia, ini pertanda yang baik untuk membangun bangsa dan negara.

“Saya senang tema ini diangkat. Ini tanda baik untuk kita sama-sama membangun Timor, Indonesia, membangun bangsa dan negara,” urai Dicky, yang juga penulis buku ini.

Sosok Dicky yang sudah sering mengeksplorasi kearifan lokal melalui riset-risetnya ini mengatakan, semua yang dilakukannya bersama komunitas Lakoat Kujawas adalah bentuk sumbangsih dan kontribusinya dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Baca Juga :  Proyek pembangunan RSUP Ponu TTU Senilai 1 Milyar tidak Memenuhi Persyaratan Tender

“Ini adalah bentuk kontribusi kami, membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” kata lulusan Prodi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini.

Lebih lanjut anak muda asal Taeftob, Mollo TTS ini menjelaskan, kenyataan banyak orang muda saat ini gagal pulang kampung. Idealnya selesai studi di sekolah tinggi orang muda harus pulang kampung, namun faktanya berbeda.

Padahal, menurut penggagas komunitas Lakoat Kujawas ini, orang muda harus bisa membangun kampung halamannya sendiri dengan pemikiran-pemikiran dan kreativitasnya, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Pulang kampung untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Pulang kampung untuk membangun. Zaman sekarang terbatas peluang kerja. Maka lebih baik ciptakan lapangan pekerjaan sendiri,’ tegas Senda, Pegiat Kewirausahaan Sosial ini.

Baca Juga :  SMKS St. Marcellus Telah Melakukan MOS Perdana Pada Siswa Tahun Ajaran Baru 2022/2023

Diky Senda lalu menutup sambutannya dengan memotivasi para mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unimor.

Mahasiswa itu pemikir. Setelah lulus studi Segera pulang kampung karena orang-orang kita membutuhkan pemikir seperti kita, seperti Anda,” pungkasnya.

Hadir dalam seminar pembuka kuliah umum ini petinggi FKIP Unimor, Oktovianus Mamoh, M.Pd (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) sekaligus membuka kegiatan Kuliah Umum, Cecilia Novianti Salsinha, M.Sc (Koordinator Prodi Pendidikan Matematika), para dosen Prodi Pendidikan Matematika, sejumlah alumni Prodi Pendidikan Matematika, dan lebih dari 500 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unimor. (Kaka)