Dinas Pertanian Malaka Bantu Bajak Lahan 5 Hektar di Desa Oan Mane, Ini Kata Kades Nor Nahak

Dinas Pertanian Kabupaten Malaka Olah Lahan 5 Hektar di Desa Oan Mane, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka.

Kabar-malaka.com – Dalam rangka ketahanan pangan dan memasuki musim tanam pertama Lahan seluas 5 Hektare di Desa Oan Mane, Kecamatan Malaka Barat dilakukan pembajakan yang rencanannya di tanami jagung dan Padi.

Lahan seluas lima (5) Hektare yang dipersiapkan untuk tanam jagung dan padi tersebut dibalik oleh Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, pada Kamis, 14 September 2023.

Kendati demikian disampaikan Kepala Desa oan Mane, Norbertus Nahak, S. Sos kepada media ini, Sabtu (07/10/2023).

Baca Juga :  Janji PUPR dan BPBD Malaka Kerja Tanggul Untuk Desa Oan Mane Mubazir

Lahan yang ini kondisinya sudah di tumbuh rerumputan dan dilakukan pembajakan oleh Dinas Pertanian guna membantu petani untuk di produktifkan kembali yang rencananya di tanamani jagung dan Padi,” Ujarnya.

Kades Oan Mane yang karib disapa Nor Nahak ini mengatakan, untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah perlu diadakan beberapa proses diantaranya pengolahan lahan yang baik dan benar, tehnik penanaman, perawatan dan pemupukan serta pengendalian hama.

Baca Juga :  Pemkab Malaka Bentuk Tiga Koperasi Pertanian Untuk Menopang Swasembada Pangan

“Dalam proses pengolahan lahan bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan menggunakan mesin, untuk cara manual bisa membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kurang efektif. Oleh karena itu sebagian besar petani saat ini sudah menggunakan mesin hand traktor dan hasilnya lebih cepat dan maksimal,” Katanya.

Lanjut Nor Nahak, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program ketahanan pangan dan yang lebih penting lagi adalah sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah dengan masyarakat.

Baca Juga :  Kadis Pertanian Malaka Meninjau Lokasi Persawahan Yang Terendam Banjir

“Terimakasih atas bantuan dan kedatangan Dinas Pertanian Malaka dilokasi lahan di desa Oan Mane ini, tentunya saya Sebagai Kades disini lebih bersemangat dalam bekerja, rencana lahan ini akan kami tanam tanaman jagung dan Padi agar lahan bisa tetap produktif dan berpenghasilan dalam menunjang perekonomian kami,” Pungkasnya.

Redaksi://Arro