Pemdes Kufeu Gelar USG Gratis bagi Kandungan Ibu Hamil, Camat Io Kufeu Beri Apresiasi

Kabar-malaka.comPemerintah Desa Kufeu, Kecamatan Io Kufeu, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dibawa kepemimpinan Leonsius Jun Kabosu membuat terobosan baru.

Pemerintah Desa Kufeu membuat terobosan baru guna mengadakan Pemeriksaan USG gratis bagi kandungan ibu Hamil di Desa Kufeu, pada Senin, (18/9/2023).

Kegiatan yang bertema ‘Tranportasi Dengan USG Ibu Hamil‘ ini bertujuan untuk melakukan USG Gratis yang bersumber dari dana Desa Sub Bidang Kesehatan.

Kepala Desa Kufeu, Leonsius Jun Kabosu, ketika di konfirmasi media ini mengungkapkan kegiatan tersebut benar di gelar pada hari ini.

Baca Juga :  Pemda Malaka Siapkan Strategi Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Menurutnya, selama ini banyak ibu hamil yang tidak melakukan USG dengan alasan tidak memiliki biaya untuk USG dan transportasi sedangkan kita tahu bahwa USG ini sangat penting untuk keselamatan ibu dan bayi.

“Secara ekonomi, kita tahu bahwa mayoritas penduduk di desa secara ekonomi itu berada di kelas menengah ke bawah. Sebagai pemimpin kita harus punya kepekaan sosial soal mengatasi masalah seperti ini,” Ujarnya.

Dikatakannya, hal seperti ini perlu dilakukan karen berhubungan langsung dengan manusia.

“Bagi saya ini salah satu bentuk dari membangun manusia yaitu melihat, memperhatikan dan merawat bayi dari janin untuk menciptakan generasi yang sehat dikemudian hari,” Katanya

Baca Juga :  Wabup Malaka Ikut Rekonsiliasi Stunting Tingkat Provinsi NTT

Kegiatan tersebut kata kades, bertujuan mendeteksi secara dini untuk mengetahui perkembangan janin ibu hamil.

“Sehingga kita tahu posisi janin ibu hamil itu normal, melintang atau sungsang, karena semua ini demi keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan,” Pungkasnya.

Atas terobosan itu, Camat Io Kufeu, Vetriadi Aspri Manek, SE,. apresiasi program Kades Kufeu karena rasa kemanusiaan yang diterapkan pada warga.

Baca Juga :  Apotek Sehat 2 Malaka Milik dr. Oktelin Dapat Pujian Dari Warga

“Gerakan kades Kufeu perlu ditiru oleh desa-desa lain di kecamatan Io Kufeu. Karena dengan cara seperti itu bisa meringankan ibu hamil dan membantu ekonomi mereka,” Ujarnya.

Menurutnya, ini program yang luar biasa, selain membantu dan meringankan beban ibu hamil dalam biaya pemeriksaan kandungan, bisa juga mencegah stunting sejak dini bagi bayi dalam kandungan.

“Program dari kades kufeu ini sangat baik karena membantu ibu hamil, dan disatu sisi pencegahan dini utk menekan stunting dan gizi buruk di tingkat Desa,” Pungkasnya.

Redaksi://Arro