Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gelar PKKMB TA 2023/2024

Kabar-malaka.com – Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sinar Pancasila Betun melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Ketua STKIP Sinar Pancasila, Yanurius Bria Seran, S.Pd.,M.Pd., kepada media mengatakan, PKKMB diselenggarakan di halaman Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Malaka.

PKKMB ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran anak bangsa dalam mewujudkan Tridharma perguruan tinggi,” Ungkap Yanuarius, Selasa, (29/8/2023).

Kata Ketua senat STKIP Sinar Pancasila Betun ini menerangkan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan paling lambat 1 Minggu.

Baca Juga :  Bupati Malaka Gerebek Tiga Gudang Penimbunan Dinas Pertanian

“Kegiatan yang dilaksanakan pada hari senin, 28 Agustus-1 September 2023, dengan peserta yang mengikuti PKKMB berjumlah 106 orang. Dari peserta yang mengikuti PKKMB dari berbagai daerah kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur yakni Kabupaten Malaka, Belu, TTU, dan TTS,” Beber ketua senat STKIP Sinar Pancasila Betun.

Diketahui, Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ini dilaksanakan setiap Tahun.

Baca Juga :  Bupati Malaka Simon Nahak Cetak Prestasi di Bidang Pendidikan

Kegiatan tersebut dilakukan dengan beberapa tujuan sebagai berikut:

1. Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan Masyarakat.

2. Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan Civitas Akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan Tridharma perguruan tinggi di STKIP Sinar Pancasila Betun.

3. Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar.

4. Membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, antikekerasan seksual, antinarkoba, antikorupsi, berbudaya, bermartabat, dan inspiratif.

5. Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka, berorganisasi, dan berprestasi.

6. Merancang hari esok generasi muda yang mandiri dan bertanggung jawab dan selalu menjaga Almamater tercinta STKIP Sinar Pancasila Betun.

Reporter://Gusmao