PemDes Oan Mane Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Foto://PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA OAN Mane

Kabar-malaka.comP3MD Malaka bersama Pemerintah Desa Ona Mane melaksanakan kegiatan Pelatihan peningkatan kapasitas perangkat Desa Oan Mane yang diselenggarakan pada (11/07/2023) bertempat di aula Kantor Desa Oan Mane.

Kegiatan ini bertujuan memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, serta pembangunan Desa pada khususnya Desa Oan Mane, agar sasaran Pembangunan lebih terarah, pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.

Usai kegiatan, Kepala Desa Oan Mane, Norbertus Nahak, S.Sos mengungkpakan bahwa hari ini pihak pemdes melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.

Baca Juga :  Heri, Putra Asal Umatoos Tamiru Dilantik Menjadi Kepala Bidang PIKP Diskominfo Malaka

Kata Kades Oan Mane yang karib disapa Nor Nahak, bahwa Demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh dengan pengelolaannya melibatkan segenap aparatur pemerintah, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah sampai ditingkat pemerintah yang paling terendah yaitu Desa.

“Mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah Termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh,” Bebernya.

Baca Juga :  Sekda Malaka Lantik Ori Oktaviana Kase Menjadi Kepala SDI Betun Kota Ganti Yustina Bete

Dikatakannya, dengan pelatihan diharapkan PemDes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa.

“Termasuk kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa dengan mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada,” Ujarnya.

Kades Oan Mane, Nor Nahak Juga mengambil contoh Seperti di bidang menejemen pemerintahan Desa, menyusun perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan dan aset Desa.

“Sehingga untuk mengelola dana Desa yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan diperlukan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan terhadap aparatur Pemerintah Desa dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat Desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat,” Tutur Nor Nahak.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Malaka drg. Maria Nahak Monitoring Program Penurunan Stunting di Desa Motaulun, Kades Vicky; Kita Siap Dukung

Adapun Narasumber yang didatangkan untuk memberikan materi kepada para peserta diantaranya Fedelis hun, Deny sonlay dan PMD Agus koli di kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.

Peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas perangkat Desa yaitu semua perangkat Desa Oan Mane.

Redaksi://Arro