Daerah  

Gelar Musdus, Kades Oan Mane Proriotaskan Usulan Warga

Kabar-malaka.comPemerintah Desa Oan Mane, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, sukses menggelar musyawarah dusun (Musdus) dari hari pertama hingga hari terakhir.

Musdus tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Oan Mane, Norbertus Nahak, S. Sos di 5 titik yang meliputi Dusun Manu Oan, Sukabilulik, Tiris Marobo, Lo’o Tiris dan Busabelo, dan dihadiri oleh seluruh aparat Desa Oan Mane, Ketua BPD bersama jajaran serta beberapa tokoh adat dan masyarakat di setiap dusun.

Kepala Desa Oan Mane, Norbertus Nahak, S. Sos., menerangkan bahwa, Musdus ini dilaksanakan mulai dari hari senin, tanggal 8-16 Mei 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Tahun 2023-2029, Pemerintah Desa Oan Mane.

Baca Juga :  Maria Yulita Mako Seran Bacaleg Perempuan PBB Maju di DPRD Lewat Dapil Malaka 3

“Dilaksanakannya musyawarah dusun ini dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) di Desa Oan Mane. Mundus yang kita keluarkan dari hari pertama hingga hari terakhir berjalan baik,” ujar Kades Oan Mane.

Dikatakannya, semua usulan warga dalam Musdus akan kita utamakan karena itu yang lebih penting.

“Usulan Masyarakat Desa Oan Mane dalam Musdus ini kami dari pemerintah desa akan memprioritaskan. Karena itu yang lebih penting untuk membangun desa,” Pungkasnya.

Baca Juga :  Menyongsong Turnamen Stasi Namfalus CUP, Pemuda Stasi Mulai Bentuk Pantia

Sementara itu Ketua BPD Desa Oan Mane, Maria Magdalena Unalia mengatakan, dirinya berharap masyarakat pandai melihat potensi serta masalah yang selama ini menjadi kendala.

“Supaya usulan dan apa yang di sepakati bersama dalam pemberdayaan dan pembangunan fisik bisa mencapai target dan tetap sasaran,” Ujarnya.

Dikatakannya, apa yang menjadi program bisa dirasakan asas manfaatnya oleh masyarakat Desa Oan Mane, khususnya wilayah dusun.

“Untuk itu, bagi seluruh masyarakat dusun yang hadir di tempat ini harus tahu, bahwa Musdus adalah tempat untuk menyampaikan dan mendengar usulan-usulan dari masalah dan tujuan yang ada di dusun, maka itu saya menghimbau masyarakat masyarakat yang hadir dalam Musdus dapat menyampaikan segala usulan dan apa yang menjadi kendala selama ini,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Dukung Program Swasembada Pangan, Dinas PM dan PTSP Malaka Siap Mengawasi Penyaluran Pupuk Subsisdi

Puji Tuhan kata Ketua BPD Desa Oan Mane bahwa Musdus berjalan dengan baik dan beberapa usulan telah kita terima dan dicatat untuk jadikan fokus utama dan pemberdayaan dan pembangunan di Desa Oan Mane.

KM : Chiko