Kementrian PUPR dan PUPR Malaka Sosialisasi Program DAK Infrastruktur Bidang Sanitasi TA 2023 di Desa Motaulun

Kabar-malaka.comKementerian Pekerjaan Umum (PUPR) dan PUPR Kabupaten Malaka membuka Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Konsultasi Program Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur Tahun 2023 untuk wilayah Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Pada Jumat, (28/4/2023).

Sosialisasi tersebut diadakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasaman Luar Negeri (PKLN) dan dinas PUPR Kabupaten Malaka.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan, Dinas PUPR Malaka melalui Bidang Cipta Karya yang dipimpin oleh pak Yanto, Kepala Desa, Ketua BPD Semua Aparat Desa dan Masyarakat Desa Motaulun.

Dalam sambutannya, Staf Ahli PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan menekankan bahwa penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) diharapkan dapat lebih efektif, efisien, akuntable dan tepat sasaran.

Baca Juga :  Tuduh Orang Tuanya Terima Bantuan Rumah Layak Huni Plus Perabot di TTU, Kades Oelami Angkat Bicara

Hal tersebut mengingat pencapaian progres fisik keuangan maupun pencapaian target output dan outcome sangat penting.

“Tujuan pendanaan melalui DAK adalah membantu daerah tertentu untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana dasar untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat dan untuk mendorong percepatan pembangunan daerah dan pencapaian sasaran prioritas nasional,” Imbuh Staf Ahli Kementerian PUPR ini.

Sementara itu, Kepala Desa Motaulun, Yulius Alfiandry Yesaya Seran, S.Pd mengungkapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR, Bupati Malaka dan PUPR Kabupaten Malaka atas kerjasamanya.

Baca Juga :  Satu Pelaku Pengeroyokan Diamankan Polisi, Ketua Umum dan Para Mantan Ketua Umum GEMMA Kefamenanu Terus Dukung Pencarian Pelaku Lain

Kendati demikian disampaikan Kepala Desa Motaulun yang akrab disapa Vicky ini karena atas kerja keras Dinas PUPR Malaka melalui Bidang Cipta Karya yang dipimpin oleh pak Yanto.

Dikatakannya, atas perjuangannya Desa Motaulun mendapatkan bantuan tersebut. Untuk itu, dirinya sebagai Kepala Desa sangat berharap, agar bantuan ini dapat bermamfaat bagi semua Masyarakat dan tepat sasaran.

“Oleh karena itu, saya tekankan, hindari sentimen politik dalam pelaksanaan kegiatan ini. Sehingga bantuan ini bisa tepat sasaran dan orang-orang yang menerima ini adalah betul-betul orang yang sangat membutuhkan,” Kata Vicky.

Baca Juga :  Ketua KONTAS Malaka Tegaskan Plt dan Tim Lima Harus Taat Aturan

Vicky menjelaskan, proses kegiatan ini masih panjang, untuk itu semua harus ikuti Mekanisme yang sudah ditentukan.

“Kita harus ikuti alur dan mekanisme yang sudah ditentukan Kementrian PUPR dan PUPR Malaka. Karena kegiatan ini kita akan libatkan semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan nantinya,” Ungkapnya.

Vicky mengatakan, Pelaksanaan kegiatan ini sangat bagus karena memberdayakan masyarakat di desa untuk terlibat aktif dalam pembangunan Desa.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua Masyarakat Desa Motaulun, mari kita sama-sama kawal dan bekerja sama demi suksesnya program yang sangat bermanfaat ini,” Pungkas Kades Motaulun ini.

Redaksi : Arro