Kadis Pertanian Malaka Meninjau Lokasi Persawahan Yang Terendam Banjir

Kabar-malaka.com – Tindak lanjut laporan dari Masyarakat dan dari Kades Oan Mane. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, drh. Januaria Maria Seran melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi Sawah para Petani yang mengalami musibah Kebanjiran di Desa Oan Mane, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Rabu (19/4/2023).

Kepala Dinas Pertanian di sela-sela peninjauan menuturkan kepada awak Media, bahwa setelah dicek hampir persawahan petani Desa Oan Mane,  rata-rata tertimpah musibah banjir yang luar bisa.

Kadis Pertanian Malaka, drh. Januaria Maria Seran didampingi para penyuluh Pertanian, Warga dan Kades Oan Mane, Pantau Persawahan yang Tertimpah Banjir di Desa Oan Mane, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, NTT.

“Saya bersama beberapa penyuluh sudah cek ke lokasi, dan ternyata semua tertimpah musibah akibat banjir yang mana pada tahun ini debit air yang merendam lahan persawahan lebih tinggi dan mengakibatkan kerusakan total pada bibit padi petani” Katanya.

Baca Juga :  Usulan BPBD Malaka Terkait DAS Benenai Resmi Disetujui Pemerintah Pusat

Kadis Pertanian, drh. Januaria Maria Seran yang karib disapa Jeni ini mengatakan, kejadian ini miris pada petani, untuk itu pihaknya akan  usulkan semua data ke Pemerintah Provinsi maupun ke pusat.

“Saya sudah sampaikan ke kepala desa supaya ambil semua data banjir yang menimpah hasil para petani untuk dikirim ke kami, sehingga kami bisa usulkan ke pemerintah provinsi NTT dan pusat untuk bantuan benih bagi para petani yang mengalami kerugian,”Tutur Jeni.

Baca Juga :  Unik, Ditengah Serangan Hama Seorang Petani Panen Jagung Dua Kali Setahun Sebanyak Ini!

Di kesempatan sama, Kadis Pertanian Malaka melalui media ini berpesan kepada Dinas PU dan BPBD Malaka untuk segera melakukan tanggap darurat.

“Kita berharap supaya dari PU dan BPBD Malaka bisa kita kolaborasi untuk melakukan tanggap darurat di DAS Kali ini. Mereka harus lanjut membangun tanggul untuk menahan Banjir sehingga lahan dan hasil pertanian warga Desa Oan Mane aman,” Pintanya.

Baca Juga :  KaDes Oan Mane Nor Nahak Luncurkan Program Keren "Temu Warga Berevisi"

Sementara itu, Kepala Desa Oan mane, Norbertus Nahak, S.Sos mengungkapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pertanian Malaka, drh. Januaria Maria Seran atas Responsifnya.

“Terimakasih banyak Ibu Kadistan yang sudah datang dan memantau lokasi persawahan warga yang tertimpah banjir. Selain itu datanya sebagian saya sudah kirim sesuai permintaan ibu kadis, sebagian data akan menyusul. Atas respon dari Ibu Kadistan Malaka, saya bersama Masyarakat Oan Mane berharap untuk memberikan celah dan solusi nyata untuk mengatasi persoalan ini, sehingga hasil pertanian warga bisa diselamatkan. Terutama dari Dinas PU dan BPBD Malaka,” Pungkasnya.

Redaksi : Arro