Banjir Kembali Menyebabkan Hasil Pertanian Warga Terancam Gagal Panen, Kades Oan Mane Angkat Bicara

Kabar-Malaka.com – Bencana banjir kembali melanda WargaDesaOanMane, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka yang turut merendam beberapa lahanpertanian. Akibatnya, beberapa petani terancam gagalpanen.

Akibat luapan banjir tersebut mengancam hasil pertanianwarga akan gagalpanen. Melihat kejadian itu KepalaDesaOanMane angkat Bicara.

KepalaDesaOanMane, NorbertusNahak, S. Sos dikonfirmasi media ini mengatakan, lahanpertanian milik masyarakat terendam banjir dengan kedakaman satu meter.

Lahanpertanian yang terendam banjir paling parah dan berada di desa Saya Oan Mane. Ketinggian atau kedalaman air sekitaran satu meter. Saat ini, lahan pertanian yang terendam banjir di desa kami masih digenangi air. Ini bisa membuat warga saya gagalpanen,” Katanya.

Baca Juga :  Berdayakan Petani, Kades Julukan Tarzan Ini Berikan Bantuan Alat Pertanian Kepada Warga

NorbetNahak yang pernah disapa KepalaDesa Tarsan ini mengungkapkan, saat masih ada lahan pertaniannya yang turut terendam banjir.

“Iya benar sekali, memang banjir yang melanda desa kami kali ini bukan hanya merendam area pemukiman warga saja, tetapi ada juga lahanpertanian padi milik masyarakat yang juga ikut terendam banjir dengan ketinggian 1 meter,” kata KadesOanMane, Senin (17/4/2023).

Baca Juga :  OPD Mulai Tangani Kerusakan Jalan Malaka Timur dan Tanggul Malaka Barat, Bupati Malaka Beri Apresiasi

Atas kejadian tersebut, kadesoanMane, NorbertusNahak, S.Sos meminta perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Malaka.

“Saya minta perhatian dan komitmen serius Pemda Malaka untuk bisa melanjutkan pembangunan tanggul,” Pintanya.

Hal demikian dikatakan Norbet, berdasarkan hasil pantauan yang sudah di tinjau berulangkali namun belum ada tindakan dari pihak terkait.

“Dari pihak penanggulanganbencana sudah pantau berkali-kali, namun hingga hari ini tanggul tersebut belum diselesaikan, sehingga saat terjadi luapan banjir bisa tembus dan merendam hasil pertanianwarga,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Dugaan Kades Babulu Selatan Sunat Dana HOK Masyarakat sudah Diteruskan Ke Inspektorat Malaka

Untuk itu, kata NorbetNahak, mengenai isu yang mengatakan ada beberapa warga yang keberapan atau tidak memberikan tanah milik mereka untuk melanjutkan pembangunan tanggul itu tidak benar.

“Saya mau sampaikan isu itu tidak benar, dan Saya sebagai kadesOanMane berani menjamin itu. Untuk itu, Saya bersama warga desa Oan mane berharap bisa mendapatkan perhatian Serius ibu dr Kadistan, Karena akibat dari pada luapan banjir telah mengakibatkan petanigagalpanen. Kiranya seruan Saya bersama warga bisa di dengar,” Pungkasnya.

Redaksi : Arro

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.