Daerah  

Tepati Janji Kampanye, Bupati dan Wabup Malaka Launching Mobil Pelayanan Kependudukan

MALAKA, Kabar-malaka.com – Salah satu janji kampanye Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H, M.H dan Louise Lucky Taolin, S. Sos kepada masyarakat Malaka yakni pengadaan Mobil Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan resmi terpenuhi.

Janji yang ditepati Bupati dan Wakil Bupati Malaka yakni mobil tersebut akan dipergunakan untuk mengurus segala administrasi kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran maupun Akta Kematian.

Mobil untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan itu di launching oleh Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H di Rumah Jabatan Bupati Malaka Weleun, Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah, Selasa, 28 Februari 2023.

Baca Juga :  Kontraktor CV. Ambala Perkasa Dinilai Tak Becus Kerjakan Proyek Bantuan Perumahan Seroja di Desa Fafoe

Pada kesempatan itu, Simon Nahak mengemukakan, bahwa mobil pelayanan tersebut adalah bukti keberpihakan pemerintah kepada kebutuhan masyarakat Malaka.

“Ini bukti bahwa pemerintah SNKT sangat peduli dengan kebutuhan dan kepentingan rakyatnya. Mobil ini sebagai bukti otentiknya,” kata Bupati Simon.

Bupati Simon mengatakan, mobil tersebut akan dipergunakan untuk pelayanan kepentingan dokumen pribadi maupun keluarga.

“Tentunya saya beri apresiasi atas kerja keras yang sudah ditunjukkan Pemda Malaka melalui Dinas Dukcapil Malaka sehingga pelayanan terhadap dokumen warga hingga di kecamatan dan desa pun dapat terjangkau,” tandas Bupati Malaka yang berprofesi lawyer ini.

Dosen Hukum Pidana Universitas Warmadewa Bali ini meminta kepada instansi tekhnis terkait agar memberikan pelayanan yang maksimal.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak dan Dinsos Malaka Serahkan 1.520Kg Bantuan Beras Untuk Warga Desa Bontas

“Berikan pelayanan yang maksimal, jangkau daerah yang masih belum terjangkau sehingga masyarakat benar-benar terlayani secara baik,” ujar alumnus Universitas Brawijaya Malang ini.

Dikatakan Simon Nahak, Berpatokan pada semboyan siap melayani di mana saja, Bupati SN sekali lagi mengatakan bahwa inilah bukti sesungguhnya dari pelayanan.

“Target yang saya berikan kepada Dinas Dukcapil Malaka adalah segera menjemput para pemula untuk urusan dokumennya. Sasar para pemula sehingga memperoleh dokumen-dokumen kependudukan yang valid demi kepentingan identitasnya,” tutur Bupati Malaka.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Malaka Emerentiana Bere mengatakan bahwa mobil pelayanan ini merupakan bentuk dukungan penuh dari Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

Baca Juga :  Kordinator Tim Sar Gabung Siap Cari Tiga Nelayan yang hilang di Pulau Seraya¬†

Dikatakannya, keberadaan mobil tersebut agar masyarakat Malaka dapat terlayani dengan baik dalam hal dokumen kependudukan.

Emerentiana mengatakan, bahwa segala peralatan pembuatan dokumen ada di dalam mobil pelayanan ini, sehingga bisa melayani hingga ke desa yang jaringannya sudah lancar.

“Kami akan berusaha untuk bekerja semaksimal mungkin sesuai arahan dari Bupati dan Wakil Bupati Malaka,” singkat Kadis Dukcapil.

Sebagai informasi, pengadaan mobil pelayanan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Malaka tahun 2022 sebesar 1,7 miliar.***