Daerah  

Gelar Sertijab di Desa Letekonda Selatan, Camat Loura Tekankan Kedisiplinan Dalam Berkantor

Foto Doc://Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Kepala Desa Stepanus Nani Bili ke Pj. Marthinus Kambe di Desakonda Selatan, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya.

SUMBA, Kabar-Malaka.com – Pemerintah Desa Letekonda Selatan menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Kepala Desa Stepanus Nani Bili ke Pj. Kades Marthinus Kambe.

Serah terima Jabatan (Sertijab) itu berlangsung di Kantor Desa Letekonda Selatan, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Jumat, (20/1/2023).

Disela- sela sertijab, Camat Loura, Yengo Tadi Kawi, S.Pd menekankan untuk Pj. Desa bersama aparat desa Siplin berkantor dengan tepat waktu.

“Saya sampaikan untuk Pj. Desa bersama aparatnya harus siplin dalam berkantor supaya semua urusan adminstrasi dipercepat untuk proses pencairan dana desa dan hijaukan lingkungan kantor desa,” Tutur Camat Loura.

Baca Juga :  Awan Hitam Membiru Dengan Cahaya, Bupati Simon Lakukan Peletakan Batu Pertama Puspen Kabupaten Malaka

Dikatakannya, sering terjadi akibat paling sederhana yang dapat ditimbulkan oleh praktik kemalasan aparat desa akhirnya terjadi pada aspek pelayanan publik.

Sehingga, Camat Loura Tegaskan supaya jangan terjadi adanya potensi maladministrasi dalam pemberian layanan kepada masyarakat karena akibat petugas yang tidak kompeten.

“Harus Rajin berkantor, karena Perangkat desa adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya pada penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat di desa,” Ungkap Camat Loura, Yengo Tadi Kawi, S.Pd,.

Baca Juga :  Dicopot Tanpa Sepengetahuan, Kades Besikama Diserbu Warga Penerima BLT DD 2023

Yengo Tadi Kawi juga menegaskan, supaya Pj. Desa bersama aparatnya harus terus mendekati masyarakat setempat untuk terus menjaga kebersihan dalam lingkungan.

“Kalau lingkungan bersih pasti masyarakat rasa nyaman. Untuk itu, aparat Desa harus sampaikan kepada masyarakat supaya buang sampah pada tempatnya,” Pinta Camat Loura ini.

Ia juga meminta supaya para kepala dusun juga harus mendekati masyarakat untuk menggali masalah dan keluhan masyarakat.

Baca Juga :  Pemdes Oan Mane Lakukan Pembayaran Insentif DD Tahap 1 Tahun 2023

“Terus dekati masyarakat, karena setiap keluhan desa harus tahu, gali masalah disana untuk kita tahu supaya jangan menyusahkan masyarakat,” Ujarnya.

Selain itu, Camat Loura minta supaya para kepala dusun dekati masyarakat untuk hijaukan lingkungan desa.

“Saat ini musim hujan, jadi semua kepala dusun coba dekati masyarakat untuk manfaatkan kondisi saat ini, sehingga bisa mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman anakan pohon dan menghijaukan lingkungan ini,” Pungkas Camat Loura, Yengo tadi Kawi, S.Pd,.

Redaksi : Arro