Camat Loura Minta Pemerintah Desa Back Up Dinas Lingkungan Hidup

Endry-Foto Doc://Camat Loura Yengo Tanda Kawi.

SUMBA, Kabarmalaka.comCamat Loura Yengo Tanda Kawi koordinasi dengan pemerintah Desa Pogo Tena back Up Dinas Lingkungan Hidup Sumba dalam pembersihan sampah di pasar omba komi, Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kata Camat Loura, dalam waktu dekat Dinas Lingkungan Hidup akan turun untuk melakukan pembersihan sampah-sampah yang terletak di Pasar omba komi.

“Besok Dinas Lingkungan Hidup akan turun untuk melakukan kegiatan pembersihan di pasar. Untuk itu, saya koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah Desa supaya bisa terlibat dan back Up mereka,” Kata Camat Loura kepada Media, Selasa, (17/1/2023).

Disisi lain kata Camat Loura, bahwa pembersihan ini juga dilakukan atas kepedulian pemerintah terhadap kesehatan Masyarakat setempat di Pasar omba komi.

Baca Juga :  Hadiri HUT NTT di Sumba Barat Daya, Bupati Simon Disambut Diaspora Malaka Di Bandara Tambolaka

“Saya sudah koordinasi Desa Pogo Tena untuk Back Up Dinas Lingkungan Hidup untuk perbersihan sampah di pasar omba komi, karena melakukam pembersihan pasar tersebut harus membutuhkan bantuan dari pemerintah desa sehingga proses kegitan besok ini bisa berlangsung dan berjalan dengan baik,” Ungkapnya

Selain Desa Pogo Tena, Camat Loura juga akan koordinasi dengan Desa Ramadana untuk membantu mendukung kegiatan atau aksi pembersihan pasar Omba komi.

“Kegiatan pembersihan sampah di pasar akan dilangsungkan besok. Jadi saya harap supaya Dua Desa ini bisa siap untuk mendampingi dan terlibat dalam aksi tersebut,” Ujarnya

Lanjut Camat Loura, dirinya meminta supaya kepala Desa segera menginformasikan ke semua aparat desa dan seluruh masyarakat desa untuk terlibat dalam pembersihan ini.

Baca Juga :  Warga Minta Pemkab Malaka Buka Mata Untuk Bangun Tanggul di Desa Oan Mane

“Sampaikan ini ke aparat desa dan masyarakat setempat supaya mereka tahu. Sehingga bisa ikut kegiatan pembersihan ini. Kalau kita tidak melakukan pembersihan maka kita akan menghirup bauh-bauh yang tidak sedap. Disisi lain juga tingkat kenyamanan pedangan dan seluruh masyarakat yang ada di pasar kurang efektif,” Tuturnya

Menurutnya, ketika sampah berhamburan disekitar lingkungan itu mengundang adanya nyamuk yang berimbas penyakit DPD nantinya.

Ia menjelaskan, untuk antisipasi terkait masalah penyakit seperti itu, dirinya mengajak pemerintah Desa Pogo Tena dan masyarakat untuk melakukan pembersihan sampah yang ada.

“Untuk itu, pemerintah harus punya insiasi untuk melihat kebersihan yang ada disekitar wilaya desa pogo tena, karena saat ini sudah ada beberapa korban DPD. Sehingga pemerintah desa bisa bekerjasama dengan kesehatan untuk melakukan aksi untuk temui korban DPD dan memberikan pertolongan,” Jelas Camat Loura ini.

Baca Juga :  Mantan Kades Tuapanaf Kabupaten Kupang Diduga Tahan Ratusan Sertifikat Tanah Masyarakat

Ia juga berharapkan, supaya masyarakat desa juga membuang sampah pada tempatnya.

“Harus jaga kebersihan, karena ketika membuang sampah sembarang maka dampaknya kita yang akan rasakan sendiri,” imbuhnya.

Harapannya, kegiatan Pembersihan Sampah di Pasar omba komi oleh Dinas Lingkugan Hidup bisa berjalan dengan lancar.

“Dengan itu, semoga juga masyrakat akan sadar sehingga bisa memahami apa maksud dan tujuan kita dalam melakukan pembersihan pasar tersebut,” Pungkasnya.

Reporter : Endry