Pemda Malaka Realisasikan KMC Tahap II Untul Mahasiswa dan Pelajar

MALAKA, Kabar-Malaka.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka merealisasikan Kartu Malaka Cerdas (KMC) tahap dua (2) bagi Mahasiswa dan Pelajar di Akhir tahun 2022.

Beberapa program Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak S.H., M.H dan Louise Lucky Taolin S.sos di akhir tahun 2022 ini hampir terealisasi semua.

Salah satu program kepemimpinan Kedua putra asli malaka tersebut, yaitu Kartu Malaka Cerdas (KMC).

Kartu Malaka Cerdas (KMC) sejauh ini sudah sebanyak 833 yang direalisasi dan/atau diberikan untuk Pelajar dan Mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir.

Terpantau Media, KMC di akhir tahun 2022 diserahkan ke Mahasiswa dan Pelajar di Kantor Bupati Malaka pada Rabu, (28/12/2022).

KMC adalah salah satu program unggulan SN-KT, yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK yang berprestasi secara akademik maupun non akademik.

Selanjutnya KMC juga diberikan kepada Mahasiswa asal Kabupaten Malaka yang kurang mampu secara ekonomi yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya yaitu laporan tugas akhir Untuk mahasiswa program D2, D3, skripsi untuk mahasiswa S1 dan tesis, skripsi dan laporan tugas akhir.

Baca Juga :  Breaking News;JAS Milenial Kefa-Kupang Solid Ciptakan Kemenangan Jilid II Untuk SN-FB di Pilkada Malaka 2024-2029

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak S.H., M.H menyampaikan, pemberian Kartu Malaka Cerdas ini sebagai bentuk pemenuhan janji kampanye.

Demikian kata Bupati Malaka pada saat melaunching Kartu Malaka Cerdas di Aula Kantor Bupati, Rabu (28/12).

Program KMC ini juga tidak asing lagi di Mata publik dan di telinga masyarakat karena sering disampaikan saat kampanye SN-KT.

Sehingga kartu Malaka Cerdas (KMC) yang salah satu program perioritas ini sudah berjalan selama SNKT menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

SNKT yang menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka sejak dari 26 April 2021 hingga akhir tahun 2022 ini telah realisasi KMC untuk Mahasiswa dan Pelajar sudah sebanyak 833.

Baca Juga :  Ketua Dekranasda Kab. Malaka Serahkan Satu Set Alat Tenun Ikat pada Kelompok Oburo

“Mengapa diberi nama Kartu Malaka Cerdas atau KMC dan bukan Kartu Malaka Pintar, karena ini adalah Perintah Konstitusi,” Kata Bupati Simon.

Bupati Simon juga menjelaskan, orang cerdas tidak hanya mampu dalam bidangnya saja.

“Akan tetapi orang cerdas mampu mengeloborasi kemampuan pengetahuannya dan logikanya,” Pungkasnya.

Dalam Ruang yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Aloysius Werang S.H.,MM, membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya, bahwa Kartu Malaka Cerdas sudah disalurkan sebanyak 833 kepada Mahasiswa atau Pelajar SMA/SMK.

“Total Kartu Malaka Cerdas Sakti baik seri A dan seri B yang diberikan Pemda Malaka kepada pelajar dan Mahasiswa asal Kabupaten Malaka pada tahun 2021 dan 2022 sebanyak 833 orang,” Ungkap KABAN Keuangan Malaka ini.

“Bantuan kepada Mahasiswa dan Pelajar ini diberikan sebagai wujud keberpihakan dan perhatian tulus sekaligus stimulus dan dukungan Pemda Kabupaten Malaka kepada pelajar yang berprestasi secara akademik non akademik serta Mahasiswa yang adalah generasi penerus Rai Malaka,” Lanjutnya.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak Panen Perdana Fore Lakateu dikelompok Tani Beilout

Menurutnya, pemberian pemda Malaka kepada mahasiswa asal Kabupaten Malaka dan para pelajar untuk membantu melancarkan tugas akhir mereka.

“Karena merekalah yang akan lanjutkan masa depan Malaka, dan hanya melalui kemajuan pendidikan boleh mewujudkan masyarakat Malaka yang cerdas dan bermartabat, cerdas dan bermartabat maju dan mandiri,” Ungkapnya

Aloysius juga menambahkan Program Kartu Malaka Cerdas bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Malaka tahun anggaran 2022.

“Yang dituangkan dalam DPA Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2022, dengan total dana yang diberikan sebesar Rp 1.320.000.000.,” Tutur KABAN Keuangan Malaka.

Redaksi : Arro