Menyongsong Pilkades Serentak di Malaka, Ketua Diaspora Minta Semua Pihak Indahkan Himbauan Bupati Simon

Foto Andri://Ketua Diaspora Kabupaten Malaka, Herman Seran.

MALAKA, Kabar-malaka.com – Ketua Diaspora malaka, Herman Seran menghimbau kepada semua pihak agar patuhi pesan bupati untuk memastikan pilkades yang damai dan menjaga persaudaraan.

“Karena itu, diharapkan panitia memastikan proses seleksi yang transparan dan akuntabel.” Demikian disampaikan Ketua Diaspora malaka dalam tulisan yang diterima media ini, Sabtu, 26 November 2022.

Herman menjelaskan, bahwa Transparan artinya setiap proses tidak menyisahkan ruang gelap yang menimbulkan kecurigaan dan keraguan para pihak. Sedangkan Akuntabel artinya hasil seleksi yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, moral dan saintific.

Baca Juga :  Bupati Simon Siapkan Pendamping Rohani Bagi Para Cakades di Malaka

“Banyak pemicuh kericuhan dalam proses pemilihan pemimpin dipicu oleh para wasit yg tidak bertindak adil. Oleh karena itu, diharapkan transparansi dari semua pihak panitia,” Pintanya.

Ketua diaspora ini percaya, bahwa team seleksi yg terbentuk dari tingkat desa hingga kabupaten adalah tokoh-tokoh yg berhati nurani.

“Jangan ada pihak pihak lain yang mencoba untuk mengintervensi para calon kepala Desa dan panitia desa. Karena pihak pihak tertentu pasti punya kepentingan di pilkades ini,” Terangnya

Baca Juga :  Ini Nama-Nama Pejabat Yang Dilantik Bupati Malaka

Karena itu, kata Herman, sebelumnya, Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H telah menghimbau untuk Pilkades nanti bisa berjalan dengan baik.

“Jadi mereka harus bertindak arif dan bijaksana, sehingga himbauan bupati dikawal dengan baik agar pilkades itu berlangsung dengan aman di tanggal 09 Desember 2022 tanpa ada gesekan,” Ungkapnya

Dirinya berharap, hasil seleksi yg akan diumumkan besok merupakan hasil dari proses seleksi yang transparan dan akuntabel.

Baca Juga :  Perselisihan Kedua Kontraktor Rumah Bantuan Seroja di Desa Fafoe berujung Damai, Olan Lanjut Kerja Rumah Agustina

“Jika tidak, maka sia-sialah himbauan bupati Malaka untuk menjaga kedamaian dan utamakan kekeluargaan,” Pungkas Ketua Diaspora malaka, Herman Seran.

Reporter : Andry
Redaksi : Arro