Fasilitator Imen Kamlasi Kunjungi Satu-Satunya Sekolah Penggerak di Malaka

Foto Redaksi ://Fasilitator Sekolah Penggerak Imanuel Kamlasi, S. Pd., M.Pd Berkunjung Ke Satu-Satu Sekolah Penggerak di Kabupaten Malaka-SMA R. A Kartini Umatoos, di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka-NTT.

MALAKA, Kabar-Malaka.com – Meningkatkan Mutu pendidikan Siswa Siswi, Kabupaten Malaka disebut-sebut memiliki satu-satu Sekolah Penggerak yang berlokasi di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka-NTT.

Imenuel Kamlasi, S.Pd., M.Pd adalah seorang Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Timor Kefamenanu yang telah lulus seleksi sebagai Fasilitator Sekolah Penggerak di dua Kabupaten, yakni TTU dan Malaka.

Fasilitator Sekolah Penggerak, Imenuel Kamlasi, S.Pd., M.Pd inipun langsung beranjak untuk melakukan kungjungan ke SMA R.A. Kartini Umatoos, yang terpilih menjadi satu-satunya sekolah penggerak di kabupaten Malaka, pada Jumat 18 Novrmber 2022.

Terpantau Media, Kedatangan Fasilitator SMA R. A. Kartini Umatoos Imenuel Kamlasi, S. Pd., M.Pd di dampingin Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Malaka, Jhon Seran Suri, S.Pd., M.Pd, dan KORWAS SMA, Yulius Seran Bria S.Pd, yang di jemput dengan Tarian Khas Bidu Malaka oleh para penari.

Kedatangan seorang Aktivis berstatus magister itu di sambut baik oleh Kepala Sekolah SMA R. A. Kartini Umatoos, Herman Seran Bria, S. Pd bersama beberapa Guru lainnya.

Imenuel Kamlasi, S.Pd., M.Pd kepada media ini mengungkapkan, bahwa setelah dirinya lulus seleksi Fasilitaor Sekolah penggerak dan di tugaskan di lima (5) sekolah.

Baca Juga :  Jefri Jodu kili Dilantik Jadi Kepala Sekolah SMAK Tanabanas

“Saya di tugaskan di lima (5) sekolah. Empat (4) SMA di Kabupaten TTU dan satu (1) SMA di Kabupatrn Malaka, yaitu SMA R. A. Kartini Umatoos yang satu-satu Sekolah Penggerak di Kabupaten Malaka, NTT.” Kata Fasilitator SMA R. A. Kartini Imen Kamlasi, seorang yang berlatar belakang aktivis dan Magister ini.

Dikatakannya, SMA R. A Kartini Umatoos, salah satu-satu sekolah penggerak yang ada di Kabupaten Malaka.

“Satu-satu SMA yang lolos Sekolah penggerak angkatan dua di Desa Umatoos, Kabupaten Malaka yaitu SMA R. A. Karti Umatoos,” Pungkasnya

Di tempat yang sama, KORMAS SMA, Yulius Seran Bria S.Pd mengungkapkan, bahwa dirinya di tugaskan untuk mengawasi sekolah penggerak di SMA R. A Kartini Umatoos.

“Saya selaku Pengawas dan pembina telah mengawasi, bahwa Kepala Sekolah dan para guru dan siswa siswi telah melakukan banyak hal. Teristimewa untuk implementasi kurikulum merdeka terkait dengan Projek penguatan profil pelajar pancasila yang kita sebut P5.

Disini ada 3 tema yang mereka lakukan. Pertama kearifan lokal, Kewirausahaan dan Suara Demokrasi.

Dikatakannya, dalam kearifan lokal ada tutur adat yang menurut pemahaman bapak ibu guru dan anak-anak sewaktu-waktu akan hilang.

Baca Juga :  Dosen Dan Mahasiswa Peternakan Unimor Terapkan Aplikasi Pakan Komplit di Poktan Serikat Oeliurai

“Untuk itu kita datang untuk menghadirkan kembali tutur adat ini sebagai sesuatu yang punya nilai adat tradisional yang harus digali kembali nilai positif seperti kesabaran, kesantunan, untuk menghindari konflik diantara para siswa sendiri dalam sekolah maupun di luasan masyarakat,” Ujarnya

Jadi menurutnya, di dalam tutur adat ada nilai kesantunan, keharmonisan, kedamaian, ketentraman dari semua adat.

Kemudian tema yang kedua. Kewirausahaan, saat ini mereka suda siapkan lahan untuk melakukan penanaman.

“Lahan yang mereka siap untuk ditanam sayur karena itu menjadi nilai positif bagi anak-anak kedepan. Sehingga kesannya tidak hanya sekolah tapi bisa melakukan usaha sendiri di waktu yang akan datang dan produktif untuk menjawab kebutuhan. Walapun kecil tapi punya mamfaat dan edukasi yang sangat tinggi untuk perkembangan anak-anak ke depan,” Katanya.

Menurutnya sekolah SMA ini bisa diistilah belum selesai. Walaupun sudah mendapatkam berbagai macam ilmu, tapi dalam kurikulum merdeka tidak hanya kita dapat ilmu, tapi juga prakteknya. Sehingga kehadiran 3 M di sekolah ini bisa bermamfaat.

Sementara yang ketiga adalah suara Demokrasi yang dimana sekolah ini memiliki ketua Osis, ketua kelas maupun pengurus osis dan kelas, Sehingga membantu anak-anak untuk mematuhi demokrasi di indonesia.

Baca Juga :  Gelar Musdus, Kades Oan Mane Proriotaskan Usulan Warga

“Mereka sudah lakukan beberapa bulan yang lalu, dan ini sudah berjalan dengan baik dalam penyelenggaraan kepemiluan di indonesia dan secara lokal di SMA ini,” katanya

“Jadi sistem besar indonesia dihadirkan di sekolah, sehingga anak-anak terbiasa dengan bagaimana kita harus mempertahankan perdebatan Visi dan Misi, Mempertahankan debat program, dan mereka sudah lakukan di sekolah ini. Oleh karena itu, saya selaku pengawas selalu memantau sekolah ini untuk menjadi cahaya bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Malaka,” Pungkasnya.

Selain itu, Kepala Sekolah SMA R. A. Kartini Umatoos, Herman Seran Bria, S. Pd mengungkapkan terimakasih kepada Fasilitator Sekolah Penggerak Imanuel Kamlasi, S. Pd., M.Pd, Kormas dan Ketua PGRI Kabupaten Malaka, Jhon Seran Suri, S.Pd., M.Pd.

“Terimakasih Fasilitator Sekolah Penggerak, Kormas dan PGRI Malaka serta seluruh segenap Keluarga dan Masyarakat Umatoos atas dukungannya kepada Sekolah SMA R. A. Kartini Umatoos, semoga semua ini menjadi nilai positif bagi anak-anak,” Ucapnya.

Dalam kunjungan Fasilitator Imenuel Kamlasi, S.Pd, M.Pd dosen Unimor, Kefamenanu, dan didampingi KORWAS SMA, Yulius Seran Bria S.Pd dan Ketua PGRI Malaka, Jhon Seran Suri, S.Pd, M.Pd.

Redaksi : Arro