Diskominfo Malaka Selenggarakan Sosialisasi PPID Bagi Perangkat Daerah

BETUN, Kabar-Malaka.com – Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) bagi Pimpinan Perangkat Daerah.

Sosialisasi PPID ini merupakan pengejawantahan dan amanat UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi Bupati Malaka yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka, Ferdinand Un Muti, S.Hut, M. Si di Betun.

Kegiatan Sosialisasi PPID Bagi Perangkat Daerah tersebut berlangsung di aula Hotel Nusa Dua Betun, Kamis, 17 November 2022.

Dalam sambutannya, Sekda Ferdinand Un Muti mengemukakan kegiatan ini sangat bermakna karena komunikasi dan informasi memegang peranan yang cukup penting di era milenial ini.

Baca Juga :  Bupati Malaka Paparkan Hasil Penurunan Stunting di Malaka Dalam Rapat Bersama Gubernur NTT

“Harus disadari bahwa keterbukaan informasi publik menjadi urgent dan tak bisa ditawar-tawar di era milenial ini. Paradigma hidup manusia sudah bergeser ke era digital, yang menuntut seseorang harus bergerak maju mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi,” ungkap mantan Kadis Perhubungan Malaka ini.

Bahkan, menurut mantan Plt. Kaban BP4D Malaka ini, kekuatan informasi melesat sangat cepat dan mau tidak mau kita harus mengikutinya.

“Makanya, ketika saya dilantik sebagai Sekda Malaka, hal utama yang saya tekankan agar para ASN tidak boleh gaptek tapi harus menguasai sistem dan aplikasi yang sudah semakin maju. Kita kerja tidak manual lagi tapi sudah harus digital atau online,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hujan Mulai Turun, Bantuan Rumah Seroja Benediktus Bere Yang Dikerjakan CV. Empat Putra Malaka Terkesan di Tempat

Dengan demikian, masih kata Sekda, dirinya sangat mendukung kegiatan ini dan meminta kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah, agar setelah sosialisasi segera diterapkan di SKPD masing-masing.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Malaka, Frederikus Seran pada kesempatan yang sama mengaku bahwa peran Kominfo sangat penting.

“Sebagai mitra komisi, saya terus mendorong agar kualitas dan kapabilitas SDM di Dinas Kominfo harus ditingkatkan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini,” ungkap Politisi Partai Nasdem ini.

Bahkan, Frederikus menyebut jikalau kegiatan PPID akan menjadi acuan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas, yang mampu membawa daerah ini semakin maju dan bersaing secara nasional maupun regional.

Baca Juga :  Perselisihan Kedua Kontraktor Rumah Bantuan Seroja di Desa Fafoe berujung Damai, Olan Lanjut Kerja Rumah Agustina

Kegiatan Sosialisasi PPID ini menghadirkan 3 orang narasumber yakni Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT Aba Maulaka, Kadis Kominfo Kabupaten Malaka Yohanes Klau, Admin PPID Utama Diskominfo Provinsi NTT Rammy Aprianti Kadiwano dan bertindak sebagai moderator Herry Klau, Kabid Pengelola Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Malaka.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut dengan keputusan penting adalah setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah sebagai PPID Pembantu akan mengaktifkan website masing-masing yang berpatokan pada PPID Utama yakni Dinas Komunikasi dan Informatika.

Sumber : diskominfomalaka