PilkaDes Umatoos : Pendukung Roni Seran Lari ke Yuliana Bano

MALAKA, Kabar-Malaka.com – Hasil survei media Online Kabar-Malaka.com, Politik Desa Umatoos menyebut sebagian pendukung Cakades (Roni Seran) berpotensi mendukung Petahan Desa Umatoos, Yuliana Bano pada Pemilihan Desa 9 Desember 2022 mendatang.

Hal tersebut didapat setelah media ini melakukan survei elektabilitas pada 3-6 November 2022. Setelah melakukan simulasi dengan metode pertanyaan terbuka (top of mind), simulasi banyak nama, simulasi pengerucutan dan simulasi Bakal Calon Desa.

Kalau top of mind, Yuliana Bano masih pilihan pertama. Jadi masih ada hampir 20% warga yang menyebut Yuliana Bano sebagai Cakades jika Pilkades diadakan hari ini melalui simulasi.

Baca Juga :  Gagasan Bupati Malaka dengan Sebutan 3 K Direspons Positif Oleh Kadista Provinsi NTT

Jika pun Yuliana Bano tidak maju, sebagian pendukung Roni Seran serta pendukung Yuliana Bano akan terbagi ke Jhon dan Gius Klau, akan tetapi karena Beliau masih masuk, maka sebagian besar pendukung Roni dan lainnya akan ada di posisi Petahan.

Berdasarkan simulasi terbuka, elektabilitas Yuliana Bano sebanyak 18,5%, kemudian diikuti sekretaris Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah (Roni Seran) yang mencalonkan diri di Desa Umatoos di urutan kedua yakni 16%, Gius Klau 15% dan Jhon Klau 14.7%.

Diketahui, ketika nama Ýuliana Bano dikeluarkan dalam simulasi dari 4 nama yang disodorkan, Yuliana Bano ada di urutan pertama dengan elektabilitas 23,7%, diikuti Gius Klau 20,9%, Jhon 15,1% dan Roni Seran 13,1%.

Baca Juga :  Direktur CV. Daisuli Siap Turunkan Bahan Untuk Perbaiki Rumah Bertolomeus di Desa Naas

Simulasi 4 nama, nama Roni Seran terancam lolos dalam pemilihan. Karena berdasarkan hasil Survei, sebagian besar pendukungnya lari ke Yuliana Bano.

Sedangkan Gius Klau di nomor dua meskipun selisih tidak jauh dengan Yuliana Bano. Jhon di bagian ketiga, sedangkan Roni di paling terakhir.

Salah seorang pendukung Roni Seran yang tidak ingin namanya disebutkan disini, ketika di tanya media, bahwa dengan adanya data ini, apakah Pendukung Cakades Roni Seran akan tetap bersatu?

Baca Juga :  Masyarakat Desa Umatoos Rame-Rame Kembali Antar Petahana Daftar Calon Kepala Desa

“Soal bersatu kami belum yakin, dan saya mewakili beberapa orang ini tidak mau tahu soal itu. Yang terpenting adalah saya membawa beberapa orang ini beralih ke Mama Yuli Bano karena kami tahu dia pemimpin yang ramah dan baik. Dia sudah pernah memimpin, tentu kami sudah tahu sifat dan karakternya dan kontribusi apa yang dia berikan di desa umatoos ini. Oleh karena itu, saya bersama beberapa orang ini komitmen akan bersama Mama Yuli,” Bebernya penuh keyakinan.

Redaksi : Arro