Jorok, Padang Makan Bundo Kanduang di Malaka Diduga Buang Limbah Sembarangan

Foto Redaksi://Rumah Padang Bundo Kanduang di Malaka Buang Limbah Sembarangan.

BETUN, Kabar-Malaka.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Malaka mengimbau pemilik usaha, terutama warung makan agar mengelola limbah cair yang dihasilkan.

Hal tersebut rupanya tidak diindahkan oleh salah satu padang rumah makan Bundo Kanduang di Kota Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Terpantau Media ini, Kamis 03 November 2022 air tersebut diduga berasal dari sepanjang saluran warung makan di Bundo Kanduang.

Baca Juga :  Pemuda Dapil Malaka III Deklarasi Dukung Emi Muti Menuju Bangku Legislatif 2024

Tampungan air di saluran yang berhubungan langsung dari dalam warung makan itu terlihat bertumpukan dan babusa di depan warung makan Bundo Kanduang hingga mengandung bau busut yang tidak lezat.

Terlihat saluran yang terpenuhi air dan kotoran yang babusa itu sangat mempengaruhi ketenangan dan kesehatan para pengunjung warung Bundo Kanduang ini. Namun pihak warung makan Bundo Kanduang ini tetap tidak melakukan pembersihan.

Baca Juga :  Tim Sukses Bocorkan Pendukung Roni Seran Tidak Sampai 700san, Ini Penjelasannya!

Salah seorang Masyarakat di Kota betun yang berinisial HK yang sempat menghampiri warung tersebut membeberkan kepada media ini, bahwร  depan warung makan ini kelihatannya sangat Jorok.

“Di depan Rumah makan Bundo Kanduang itu sangat Jorok. Di depannya tertampung kotoran dan cairan bau busuk akibat buang limbah sembarang oleh Warung makan itu. Kami yang pergi makan terlihat sangat menjijikan krn warna air hitam dan kotoran semua sangat bau, ini sangat mempengaruhi kesehatan dan ketenangan pengunjung,” Bebernya.

Baca Juga :  GMC NTT dan OMK Lakukan Baksos digereja Asumta Kota Kupang

Menurutnya, banyak pelaku usaha yang belum paham terkait pengelolaan limbah cairnya.

โ€œMakanya saya imbau ke mereka yang selali makan di rumah padang Bundo Kanduang itu harap lihat betul-betul agar jangan terganggu kondisi kesehatan kalian. Jika cara pembersihan mereka tidak banar lebih bagus hindari warung tersebut,” Tandasnya

Redaksi : Arro