Pemda Malaka Akan Bentuk BRIDA Untuk Percepat Swasembadapangan

Foto://Gardamalaka.com//Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H Pertemuan Bersama OPD Kabupaten Malaka

MALAKA, Kabar-Malaka.com – Pemda Malaka Gelar Rapat persiapan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), di Ruang Rapat Bupati Malaka, (26/9/2022).

Pertemuan yang digelarkan Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H bersama Dinas Terkait untuk membahas persiapan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) dalam memajukan pelaksanaan Program Swasembada Pangan di Daerah Kabupaten Malaka.

Pelaksanaan program swasembada pangan membutuhkan percepatan, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk pelibatan kerja sama dengan lembaga lain dan pihak-pihak terkait.

Baca Juga :  Bupati Malaka Ngopi Bareng Wartawan di Akhir Tahun 2022

“Lembaga lain yang perlu dilibatkan di antaranya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),” Ujar Bupati Malaka.

Namun, Kata orang 01 Malaka ini bahwa keterlibatan BRIN dalam mendukung program swasembada pangan dapat dilakukan jika sudah dibentuk BRIDA.

“Kehadiran BRIDA bukan berarti instansi yang bekerja dan mendukung pelaksanaan program swasembada pangan belum bekerja maksimal selama ini. Akan tetapi program swasembada pangan membutuhkan percepatan, dengan akan adanya kehadiran BRIDA akan lebih efektif dan berpeluang untuk melaksanakan program swasembada pangan,” Tutur Simon Nahak

Baca Juga :  Aniaya Rekan Guru, Lembaga Hukum dan Ham PADMA Indonesia Desak Bupati dan Polres Malaka Beri Sanksi Administrasi Kepada Oknum Kepsek SDI Betun Kota

Menurut Bupati Simon, BRIDA sebagai perpanjangan tangan BRIN di daerah dan yang akan memfasilitasi pelaksanaan program swasembada pangan dengan menyiapkan bantuan-bantuan termasuk dukungan tenaga-tenaga ahli,” Ujarnya

Dikatakannya, bahwa sebelum diadakan pertemuan ini dirinya sudah bertemu Kepala BRIN, Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc,. Pertemuan itu dilakukannya untuk menyampaikan program swasembada pangan dengan kegiatan produksi Beras Brand Nona Malaka dan Fore Lakate’u.

BRIN mengapresiasi dua Brand produksi komoditi tersebut, sehingga akan membuka akses ke Kementerian Pertanian, dan sangat mendukung program swasembada pangan, karena bantuan kegiatan kementerian-kementerian lebih difokuskan kepada program kegiatan fisik selama ini.

Baca Juga :  Bupati Malaka Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gapura Perbatasan Desa Besikama

“Kerja cepat, cerdas dan tuntas, semua harus punya keinginan untuk bekerja dan bangun Malaka. Oleh karena itu, Saya harapkan supaya Bagian Organisasi dan instansi terkait segera membuat permohonan untuk diajukan ke BRIN, ini harus secepatnya diusulkan agar BRIDA segera dibentuk,” pungkasnya

Redaksi : Arro