Dosen Dan Mahasiswa Peternakan Unimor Terapkan Aplikasi Pakan Komplit di Poktan Serikat Oeliurai

Foto://Chiko, Mahasiswa Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, Unimor, di Desa Tapenpah

TTU, Kabar-Malaka.com – Dosen dan Mahasiswa Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Timor gelar Kegiatan Pengabdian di Kelompok Tani (Poktan) Serikat Oleliurai, tepatnya di Desa Tapenpah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Pada Sabtu, (17/09/2022).

Kegiatan pengabdian dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ternak dengan menyediakan pakan yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan pokok serta kebutuhan produksi ternak, salah satunya lewat penyediaan pakan komplit.

Umumnya proses penggemukan ternak sapi oleh peternak hanya dengan memberikan pakan seadanya sehingga produktivitas ternak tidak maksimal serta membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan target pertumbuhan, terutama bobot badan akhir yang diharapkan.

Baca Juga :  Kadis PUPR TTU : Progres 98 persen Jembatan Naen Siap digunakan

“Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan produktivitas ternak dengan menyediakan pakan yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan pokok serta kebutuhan produksi ternak, salah satunya lewat penyediaan pakan komplit,” Demikian disampaikan Dr. Paulus Klau Tahuk, S.Pt., M.P dalam kegiatan pengabdian di kelompok tani Serikat Oeliurai desa Tapenpah kabupaten TTU.

Dalam kegiatan tersebut tim pelaksana yang merupakan dosen dan mahasiswa dari prodi peternakan unimor menyampaikan materi tentang pakan komplit dan praktek bersama dengan kelompok tani serta langsung mengaplikasikan pakan komplit tersebut pada ternak sapi penggemukan anggota kelompok.

Baca Juga :  Universitas Citra Bangsa Telah Membuka Pendaftaran; 95% Mahasiswa dapat beasiswa

Gerson Frans Bira, S.Pt., M.Si selaku Anggota Tim kepada media ini menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan pengabdian itu adalah untuk peningkatan produktivitas ternak sapi bali penggemukan milik mitra serta penerapan IPTEK.

“Terutama teknologi pengolahan dan pengembangan pakan komplit, dan ini merupakan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh tim pelaksana sebelumnya,” Katanya

Menurut Gerson, dengan adanya pakan komplit tersebut maka produktivitas ternak akan mengalami peningkatan, sehingga efek terhadap nilai jual bisa menfapatkan keuntungan.

Dalam waktu yang sama, ketua kelompok Nofryanus A. Leu mengungkapkan terimakasih kepada prodi peternakan yang sudah memberikan pengetahuan dan praktik secara langsung dengan kelompok tani serta membantu kelompok dalam upaya menyediakan pakan berkualitas.

Baca Juga :  Pemda Malaka Akan Bentuk BRIDA Untuk Percepat Swasembadapangan

Perlu diketahui bahwa kelompok tani ini terdiri dari anak-anak muda yang umumnya masih bersekolah baik pada jenjang SMU/SMK ataupun perguruan tinggi.

“Mereka merasa bangga karena sudah dibekali dengan pengalaman yang dapat diterapkan kedepannya. Kegiatan ini pula tidak hanya dihadiri oleh kelompok tani namun juga oleh masyarakat yang antusias dengan kegiatan tersebut, Untuk itu, kami sangat berterimakasih,” Ungkap ketua kelompok Nofryanus A. Leu.

Reporter : Chiko
Redaksi : Arro