Daerah  

Dukung Program Swasembada Pangan, Dinas PM dan PTSP Malaka Siap Mengawasi Penyaluran Pupuk Subsisdi

MALAKA, Kabarmalaka.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malaka turut memberikan dukungan terhadap pelaksanaan swasembada pangan, salah satu program prioritas Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H dan Wakil Bupati (Wabup), Louise Lucky Taolin, S. Sos yang akrab dikenal dengan tagline SN-KT.

Bentuk dukungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu akan ditunjukkan melalui Produsen pupuk Indonesia dimana memperkenalkan pupuk Subsidi yang diberikan distributor, yakni PT. Petrokimia Gresik dan PT. Sang Hyang Seri kepada Kabupaten Malaka.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu Kabupaten Malaka, Ferdinandus Un Muti ,M.Si menyampaikan ini kepada Media di Betun, Desa Kamanasa, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, bahwa Dinas PM dan PTSP Malaka Siap Mengawasi Penyaluran Pupuk Subsisdi di Kabupaten Malaka, Kamis (16/06/2022).

“Kami mengundang tiga pengecer pupuk Subsidi dari tiga kecamatan, yakni Kios Fanny milik Jibrael Eduard Rade yang letaknya di Kecamatan Malaka Tengah, UD. Tani Mandiri Weliman yang letaknya di Kecamatan Weliman dan UD. Romantis di Kecamatan Laenmanen,”Kata Fersinandus Un

Baca Juga :  Bupati Malaka Dr. Simon Nahak Menyapa Peserta Penari Bidu Tais Mutin

Kadis PM dan PTSP menuturkan, bahwa hal demikian sudah di sampaikan melalui rapat bersama PT. Petrokimia Gresik dan PT. Sang Hyang Seri. Dalam rapat tersebut Dinas PM dan PTSP juga menghadirkan Kepala Dinas Pertanian Malaka.

“Kita yang memberikan Izin dan awasi, tetapi Dinas pertanian yang menggunakan kemamfaatan pupuk itu dan mereka yang akan membagikan kepada para petani yang membutuhkan,” Ujarnya

Walaupun demikian, Kadis PM dan PTSP akan terus memastikan dan mengawasi, sehingga kerjanya harus kompeten.

“Karena itu, kami dari Pihak Aspek Perizinan, tentu harus pastikan bahwa distributor dan para pengecer harus berkompeten untuk bekerja di Kabaupaten Malaka. Kemudian dari aspek pengawasan, karena di Dinas Penanaman modal ada dua perdagangan yang diberi kewenangan untuk mengawasi distribusi pupuk di wilayah kabupaten Malaka,” Tandas Kadis Ferdi Un.

Baca Juga :  Warga Minta Pemkab Malaka Buka Mata Untuk Bangun Tanggul di Desa Oan Mane

Hal demikian dilakukan pihak Perizinan agar bisa memastikan apakah betul sesuai dengan peruntukan.

“Karena Kita harus tahu itu semua, Baik itu jumlahnya, waktunya dan jenis pupuknya,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Kadis Ferdi Un menyatakan bahwa semuanya sudah disepakati bersama dalam Rapat pada kamis Pagi 16 juni 2022. “Ini sebagai bentuk dukungan kita kepada salah satu program Prioritas Bupati dan Wakil Bupati Malaka, yakni Swasembadapangan,” Pungkas Ferdi Un.

Kemudian M. Abidhin Al Habsti dari PT. Petrokimia Gresik Nusa Tenggara Timur mengatakan, bahwa benar sudah melakukan rapat perizinan terkait distributor Pupuk baru di Kabupaten Malaka.

“Waktu itu kita sudah distributor pupuk ke Malaka, namun tidak diwisatakan karena CV Wisata memundurkan diri. Sehingga kita distributor pupuk baru di tahun 2022 ini,” Kata Abidhin

Baca Juga :  Sejarah Kota Soe

Abidhin mengatakan bahwa dari tahun sebelumnya Dari PT. Petrokimia Gresi sudah distributorkan pupuk ke kabupaten Malaka, tapi macetan karena ada pemumnduran diri dari CV Tersebut.

“Makanya tahun ini digantikan dengan PT. Sang Hyang SeriĀ (SHS) sebagai distributor baru yang menyalurkan Pupuk Subsidi Ke Kabupaten Malaka,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Abidhin menjelaskan bahwa awalnya Pupuk Subsidi yang yang mau di distribusikan itu ada lima Macam yaitu, Urea, NPK Phonska, SP-36, Organik Petroganik dan ZA.

“Akan tetapi peraturan baru dari kementrian pertanian bahwa saat ini ada tiga pupuk yang sudah tidak disubsidi. Jadi kedepan hanya dua Pupuk saja yang disubsidi yaitu, Pupuk Ures dan NPK Phonska,” Pungkasnya.