Daerah  

Warga Kecamatan Tana Wawo Keluhkan Kondisi Jalan Kali Wajo Pu’u Re’a batas ende

Ket Foto: Antonius Bata, ST, Anggota DPRD Kabupaten Sikka dari Partai Hanura Dapil IV

Ende,kabar-malaka.com-Warga masyarakat kecamatan Tanah Wawo dan sebagian masyarakat Kecamatan Paga, Mego keluhkan kondisi jalan dari Kali Wajo menuju Kecamatan Tana Wawo Kabupaten Sikka. Jalan tersebut, menghubungkan mobilitas masyarakat 3 Kecamatan yakni Kecamatan Paga, Mego dan Tana Wawo. Lintasan melalui Tana Ngalu,Desa Mase Bewa Watu Leke Kecamatan Paga dan Desa Rengga Rasi, Detu Binga, Bu Selatan Kecamatan Tana Wawo hingga Desa Wolo Aro Kecamatan Lio Timur Kabupaten Ende

Jalan tersebut, juga merupakan jalur alternatif dari dan menuju Kabupaten Ende mengingat jalan Nasional di area Kali Wajo, Paga sampai Watu Neso Kecamatan Lio Timur Kabupaten merupakan daerah rawan terjadi bencana diantaranya, sering terjadi longsor dan abrasi pantai atau banjir Rob yang tentunya sewaktu -waktu dapat mengganggu mobilitas dan aktifitas masyarakat dari dan Ke Kabupaten Ende, serta Kabupaten lainnya di Wilayah bagian barat pulau Flores.

Baca Juga :  Raih 32.635 Suara pada Pileg 2024, Eks Ketua PMKRI Pusat Siap Adu Taring di Pilkada Sikka

Hal ini disampaikan Antonius Bata, ST, Anggota DPRD Kabupaten Sikka dari Partai Hanura Dapil IV meliputi, Kecamatan Tana Wawo, Paga, Mego Nita dan Mage Panda, bersama Kepala Desa Detu Binga Donatus Jago, Sp pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Anton Bata sapaan akrab yang juga anggota Banggar DPRD Kabupaten Sikka menambahkan bahwa Jalan tersebut kita akan terus berjuang bersama Pemerintah Kabupaten Sikka sebagai mitra agar jalan tersebut mendapat perhatian serius dan mengalokasikan anggaran untuk peningkatan status dan juga pengerjaan beberapa jembatan di beberapa titik, yang sering terjadi kecelakaan.akibat luapan banjir di musim penghujan, juga memperbaiki drainase dan titik titik yang berlubang atau rusak. Lanjutnya, kita perlu mengusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi agar, ruas jalan tersebut dialihkan dan tangani oleh Pemerintah Pusat, mengingat jalur tersebut adalah jalan alternatif ketika terjadi bencana.

Baca Juga :  Sertifikat Tanah Milik Fransiskus Bria Hilang, Yang Ambil Segera Dikembalikan!

Sementara beberapa Tokoh Masyarakat Desa Detu Binga, Desa Rengga Rasi, Desa Bu Selatan Kecamatan Tana Wawo yang tidak mau namanya ,mengatakan bahwa dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, tentunya dapat melancarkan mobilitas perekonomian masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Wilayah Kecamatan Paga, Mego dan Tana Wawo.