Generasi Muda NTT Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Memperjuangkan Nilai-Nilai Pancasila

Reporter : */YBR Editor: Redaksi

Mabar,kabar-malaka.com- Pancasila lahir dari Nusa Tenggara Timur dan oleh sebab itu sudah selayaknya dan sepantasnya masyarakat dan generasi muda NTT sebagai garda terdepan dalam menyuarakan, memperjuangkan serta mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila untuk turut berperan dalam pembangunan bangsa ini.

Demikian dikatakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Musyawarah Wilayah IV Pemuda Pancasila Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2022 di Labuan Bajo pada (11/06/2022) lalu.

“Kita tahu bahwa nilai-nilai dasar Pancasila itu lahir dari renungan dan refleksi serta kontemplasi Bung Karno pada saat menjalani masa pengasingan di Kabupaten Ende NTT. Karena itu NTT harus menjadi garda terdepan dari perjuangan pengamalan dan penegakan Pancasila,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

“Kita juga bersyukur bahwa Pancasila sampai dengan hari ini tetap menjadi dasar dan ideologi bangsa ini. Di Kabupaten Ende NTT pada tanggal 1 Juni lalu baru saja kita laksanakan bersama sebuah upacara untuk memperingati hari lahirnya Pancasila bersama Bapak Presiden Joko Widodo,” tambahnya.

Baca Juga :  Gerakkan Ekonomi Energi Kerakyatan Lewat Co-firing, PLN Gaet Pemprov NTT dan Universitas Nusa Cendana

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) juga menjelaskan pentingnya memiliki fondasi cara berpikir berlandaskan nilai-nilai pancasila untuk kita pahami dengan benar dan selalu ajarkan dengan baik pada generasi muda.

Dalam Muswil ke IV Pemuda Pancasila di NTT sebagai Gubernur saya sangat senang, juga memberikan apresiasi pada organisasi yang didirikan sekian lama untuk bercita-cita menjaga sebuah ideologi akan terus terjaga oleh sebab itu kita harus paham dan jalankan Pancasila dengan baik,” ujarnya.

Ia mengharapkan Pemuda Pancasila juga harus menjadi penggerak kekuatan ekonomi daerah sehingga turut meningkatkan kesejahteraan, dan peningkatan ekonomi masyarakat NTT yang tentunya harus dengan kerja kolaboratif dan sinergitas.

Baca Juga :  Kunker Ke NTT BNPB Minta Setiap Kepala Daerah Untuk Lakukan Percepatan Penyaluran Anggaran Bagi Korban Bencana Seroja

“Kita punya banyak potensi di NTT. Pertanian, Peternakan, Pariwisata serta Kalautan dan Perikanan kita begtu hebat. Kita adalah salah satu Provinsi dengan potensi kekuatan budidaya perikanan yang sangat luar biasa. Saya harapkan nantinya ada Pemuda Pancasila yang mulai berkontribusi bersama Pemerintah dan juga pihak lainnya untuk mulai mengerjakan potensi kelautan dan perikanan diantarnya dengan budidaya lobster yang sudah mulai kita kembangkan dengan baik. Kita berbangga dengan kekayaan yang begitu luar biasa dan juga bangga bila kita kerjakan semua itu untuk kemajuan NTT,” tegasnya.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) juga mengajak Pemuda Pancasila NTT untuk turut bergerak dalam sektor UMKM. “Harus menjadi pioner pembangunan UMKM dan gerakan ekonomi di NTT. Kembangkan semua potensi dalam diri kita untuk membangun potensi daerah ini. Saya ingin kita merubah mind set kita, bahwa kekuatan membangun ekonomi NTT ini ada pada sumber daya alam kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Angin Segar Dari Menteri PAN-RB Membawa Kabar Baik Bagi Nasib Tenaga Honorer Di 2023

Dikatakannya, Pemuda Pancasila harus menjadi tulang punggung pergerakan visi pembangunan. “Manusia yang punya ideologi dan manusia yang punya visi akan bisa melihat jauh ke depan. Bila sudah mampu melihat jauh ke depan dan berpikir dengan visi yang baik maka kita semua bisa mengejar ketertinggalan pembangunan untuk menuju masa depan yang baik bagi Provinsi tercinta ini,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

“Kita semua juga mengapresiasi Pemuda Pancasila dan mendukung baik organisasi ini untuk bersama Pemerintah dan masyarakat dalam berperan menjalankan roda pembangunan untuk negara ini,” tambahnya.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.