Daerah  

Rumah Visi Indonesia dan BUMN Berhasil Hadirkan Jaringan Air Bersih di Desa Riangpadu

Reporter: */YBREditor: Redaksi

Fotim,kabar-malaka.com-Rumah Visi Indonesia dan BUMN Berhasil Hadirkan Jaringan Air Bersih di Desa Riangpadu, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, (18/05/22) telah berhasil terselenggara.

Terwujudkan pembangunan jaringan air bersih di Desa Riangpadu merupakan kolaborasi Rumah Visi Indonesia bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT. Indra Karya (Persero).

Dengan terselenggaranya peresmian tersebut, Masyarakat Desa Riangpadu sudah dapat menggunakan dan menikmati manfaat pembangunan jaringan air bersih.

Pasca bencana seroja, Rumah Visi Indonesia, berinisiatif meminta perhatian dan bantuan BUMN untuk daerah-daerah yang terdampak bencana. Inisiatif dan kepedulian Rumah Visi Indonesia ini mendapat respon yang serius dari BUMN,”Jelas Anton

Menurut Anton, Hal ini terbukti dengan terwujud kolaborasi dan gotong royong Rumah Visi Indonesia dan BUMN yang berkomitmen untuk memperbaiki dan membangun jaringan air bersih di beberapa wilayah di Pulau Adonara.

Baca Juga :  127 Warga Desa Oan Mane Terima Bantuan Produk Beras 2023

“Insiatif dari Rumah Visi Indonesia ini merupakan bukti komitmen Rumah Visi Indonesia sebagai jembatan menghadirkan negara di tengah masyarakat dengan bergotong royong membangun dari pelosok,”Ujar Anton D. Hurung, Direktur Rumah Visi Indonesia.

Anton Menambahkan, Upacara Peresmian dan Ucapan Syukur Rangkaian Acara Upacara Peresmian Jaringan Air Bersih di desa Riangpadu di mulai dengan ritual Adat Dopen Wai (mengantar air).

Ritual ini adalah ritual khusus yang hanya diikuti oleh masyarakat setempat. Dalam ritual ini, Kabelen Raya Era Dani Bao menyerahkan air kepada Kabelen Raya Desa RiangPadu.

Acara Dopen Wai ini dilakukan oleh Kabelen Raya (Tuan Tanah) Era Dani Bao yang diwakili oleh Bapak Hermanus Kopong Doni kepada Kabelen Raya (Tuan Tanah) Desa Riangpadu, yang diwakili oleh Bapak Lodovikus Ata Ama. Era, Danibao adalah pemegang/pemilik ulayat Mata Air,”Ungkapnya

Baca Juga :  Bupati dan Wabup Sumba Tengah Meletakan Batu Pertama Pembangunan Paroki GKS   Sangumata

Bagi Masyarakat Adonara, Dopen Wai ‘disetarakan’ dengan upacara Dopo Bine (Mengantar saudara Perempuan yang telah menikah kepada rumah suaminya). Dalam hal ini, air dan perempuan adalah simbol dari kesuburan dan kehidupan itu sendiri.

Sebagai informasi bahwa, Setelah ritual Adat, Acara dilanjutkan dengan acara peresmian dan Penjemputan para tamu dan undangan diiringin dengan tarian hedung.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Bapak I Made Mudalara, Assistant Vice President Bank Mandiri Area Kupang, Region XI Bali Nusra sebagai perwakilan dari Bank Mandiri’; Bapak Antonius Masan Ulu, ST, Staf Teknik PT. Indra Karya (Persero) kantor Perwakilan NTT, sebagai perwakilan dari PT. Indra Karya; Bapak Anton Demon Hurung, Direktur Rumah Visi Indonesia; Bapak Wilhelmus Wisok Mangu, SH, Camat Adonara Barat; Bapak Januardana Rambi, Kapolsek Adonara Barat dan Bapak Anton Olaf Telupere, Babinkamtibmas Adonara Barat, Kepala desa se-Adonara Barat, tokoh Adat dan Masyarakat Desa Danibao, tokoh adat dan Masyarakat Desa Riangpadu

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-78, PGRI Kabupaten Malaka Audiens Dengan DPRD Demi Masa Depan Guru di Malaka

Jaringan air bersih Desa Riangpadu, diresmikan oleh Bapak I Made Mudalara dari Bank Mandiri, dan Bapak Wilhelmus Wisok Mangu, SH, Camat Adonara Barat, disaksikan para undangan, tokoh adat dan masyarakat yang hadir. Upacara peresmian ditandai dengan pembukaan kran air