Daerah  

Ketua TP PKK/Dekranasda Kab. Malaka Makna Hari Kartini Diera Pandemi Covid-19

Malaka,kabar-malaka.com -Setiap Tanggal 21 April diPeringatan sebagai Hari Kartini dalam bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau R.A Kartini Pahlawan pelopor emansipasi wanita Indonesia yang pada waktu itu mau berpikir tentang perempuan dan memilih bidang pendidikan untuk mencerdaskan perempuan agar bisa membaca dan menulis.

Dalam memaknai perjuangan R.A Kartini, Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Malaka, drg. Maria Marthina Nahak ungkap maknanya diera Pandemi Covid-19.

“Diera Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, peringatan Hari Kartini ini kita tetap berpegang teguh pada semangat Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang”,

Baca Juga :  Dukung Program Swasembada Pangan, Dinas PM dan PTSP Malaka Siap Mengawasi Penyaluran Pupuk Subsisdi

Menurutnya Makna habis gelap terbitlah terang jika dikaitkan dengan situasi saat ini, kegelapan itu diibaratkan sebagai masa-masa sulit, maka kita harus meyakini bahwa masa sulit itu tidak akan bertahan selamanya karena di penghujung masa sulit ada cahaya harapan yang mampu menghalau kegelapan asalkan kita tidak menyerah, begitu juga dengan situasi pandemi saat ini pasti akan akan berakhir.

Diakui drg. Maria bahwa emansipasi perempuan di Indonesia tidak dapat dilepas-pisahkan dari peran R.A. Kartini yang memperjuangkan kesetaraan antara kaum wanita dan pria.

Baca Juga :  Pemilik Warung Bundo Kanduang Akan membersihkan Depan Halamannya

“Untuk itu dihari bersejarah ini, apalagi kita dihadapkan dengan pandemi covid-19, sebagai perempuan kuat dan tanggu, kita tetap harus mempunyai semangat dan harapan yang sama bahwa Pandemi ini pasti berakhir”, ungkapnya.

Lanjutnya, drg. Maria menegaskan bahwa ini sebuah momen bagi kaum perempuan harus bisa menjadi kartini-kartini yang penuh semangat berjuang agar keluarganya tetap sejahtera lahir dan batin karena Ibu adalah Key Person (red) dalam rumah tangga harus menyemangati semangat Kartini di jamannya.

Baca Juga :  Kaya Gagasan, SBS Cetak Prestasi di Bidang Kesehatan Dalam Massa Kepemimpinannya Jadi Bupati Malaka

Sejarah dari nama Kartini selalu mengingatkan kepada kita semua, sosok pemikir sekaligus pionir emansipasi wanita di tengah-tengah keluarga.

drg. Maria berpesan dihari Kartini ini, khususnya bagi kaum perempuan, harus tetap mengisi hari-hari hidup dengan kegiatan dan aktifitas positif.

“Saya berharap semangat Kartini menyemangati kita sebagai kaum perempuan untuk tetap berkiprah di tengah pandemi karena kita meyakini habis gelap terbitlah terang”, tutup drg. Maria.