SMKN 1 Ile Ape Kab. Lembata Laksanakan Ujian USBN Selama 7 Hari 

Reporter : */YBR Editor: Redaksi

Lembata,kabar-malaka.com-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ile Ape Kabupaten Lembata Melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Selama 7 Hari kedepan,Selasa,19-26/04/2022.

Siswa kelas XII yang mengikuti Ujian secara online (daring) ini tersebar pada 6 Kompetensi Keahlian yaitu :

1.Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), 2.Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (K3R), 3.Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP),                          4.Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP), 5.Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan;                                        6.Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL).

Sedangkan Sistem Pengawasan pada USBN ini menggunakan sistem silang antar SMK tingkat Kabupaten Lembata yang telah diatur oleh MKKS SMK.”Untuk SMK Negeri 1 Ile Ape mendapat 12 orang pengawas dari luar yaitu 6 orang dari SMK Negeri 1 Lewoleba dan 6 orang dari SMKS Ile Lewotolok demikian ungkap Ketua Panitia sekaligus Wakasek Kurikulum.

Baca Juga :  Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Malaka Gelar Lokakarya Panen Hasil Belajar

Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr selaku Ketua Panitia USBN dan sekaligus Wakasek Kurikulum di SMK Negeri 1 Ile Ape kepada media Mengatakan bahwa Pelaksanaan USBN sudah dipersiapan secara baik dan matang oleh Panitia jauh-jauh hari sebelumnya. “Kegiatan USBN ini diawali dengan Bimbingan yang dilakukan oleh semua Guru mata pelajaran yang siap diujikan pada USBN ini.

Lanjutnya,Sebanyak 119 siswa kelas XII angkatan ke-14 telah dipersiapkan oleh Panitia, baik secara materi maupun penggunaan perangkat dan aplikasi online yang akan digunakan pada saat ujian online. Untuk siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021 / 2022 ini, masih menggunakan Kurikulum 2013 (K-13), sehingga mata pelajaran yang saat ini diujikan, meliputi mata pelajaran Muatan Nasional, mata pelajaran Muatan Kewilayahan dan mata Pelajaran Peminatan,”Ungkap Paulus Hurint selaku Wakasek Kurikulum.

Baca Juga :  Dinas P&K Malaka Ancam Sanksi Sekolah Negeri Dan Swasta Pemungut Uang Ujian

Ia Menambahkan, bahwa demi menjaga kerahasiaan dan kualitas hasil ujian maka panitia penyelenggaraan kegiatan USBN di SMK Negeri 1 Ile Ape kali ini, menggunakan apilkasi Exambro dengan sistem Scan Barcode. Semua peserta Ujian wajib melakukan Scan Barcode terlebih dahulu untuk mendapatkan Naskah Soal. Hal ini dilakukan demi mencegah kecurangan peserta Ujian dalam mencari jawaban di Google, karena ketika aplikasi tersebut digunakan maka sistem akan mengunci secara otomatis semua aplikasi lainnya demikian,”ujar Paulus.

Baca Juga :  Gelar Kegiatan LKKS, Kabid GTK Dikbud Malaka Hadirkan Imanuel Kamlasi Sebagai Narasumber

Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape Mikael Segegit Kobun, S.Pd sebagai penanggungjawab penyelenggaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara online di SMKN 1 Ile Ape telah berkomitmen bahwa meskipun Ujian Sekolah tetapi kualitas lulus harus dijaga dan diperhatikan secara konsisten.

lanjutnya, Melalui Ketua Panitia USBN SMKN 1 Ile Ape Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr telah mengantisipasi berbagai kendala yang akan timbul pada saat pelaksanan Ujian berlangsung seperti jaringan dan pemadaman listrik di PLN secara tiba-tiba dan mengacakan Naskah Soal untuk masing-masing peserta Ujian dengan sistem Scan Barcode.”

Terimakasih Paulus Hurint, sudah menyatakan siap melaksanakan Ujian Sekolah secara baik dan tuntas sampai selesai,”Ungkap Mikael Segegit Kobun Selaku Kepala sekolah SMKN 1 Ile Ape

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.