Daerah  

Bupati Simon Nahak Panen Perdana Fore Lakateu dikelompok Tani Beilout

Malaka,kabar-malaka.com-Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., MH melakukan Panen Perdana Kacang Tanah di kelompok Tani Beilout, Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka pada Selasa, (19/04/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., MH memberikan apresiasi kepada Petani di Beilout yang rajin, siap bekerja dan mendukung program pemerintah Kabupaten Malaka melalui Swasembada Pangan.

Pada musim kemarau digunakan untuk menanam hultikultura seperti sekarang digunakan untuk menanam Kacang dan kini dilakukan panen kacang secara Sibolis.

Bupati Simon juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Malaka dalam program Swasembadapangan berbasis lokal yaitu didaerah yang cocok untuk kacang diperioritaskan.

Baca Juga :  Hujan Mulai Turun, Bantuan Rumah Seroja Benediktus Bere Yang Dikerjakan CV. Empat Putra Malaka Terkesan di Tempat

“Daerah kita cocok dengan produk ungulan, dan diperdayakan demi meningkatkan ekonomi rakyat melalui Swasembadapangan. Jadi pemerintah membantu untuk memfasilitasi seperti bibit ungulan, Fasilitas Pertanian dan pendampingan untuk kelompok tani,” Ujar Bupati Malaka.

Sementara itu, tentang Brand Beras Nona Malaka, Bupati Malaka yang berprofesi Doktor Hukum ini mengungkapkan akan segera dilaunching tahun ini.

Terlepas dari itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, Drs. Vinsensius Kapu, M.M dalam sambutannya mangatakan, kacang Hijau (Fore Lakateu) tersebar di dua lokasi, yakni kecamatan Malaka Barat dan Wewiku.

“Fore Lakateu yang kita sebarkan di Kecamatan Malaka Barat 20 Hektar, sedangkan kecamatan wewiku 30 Hektar,” Kata Kadis Pertanian melalui sambutannya.

Baca Juga :  Maju Pilkada 2024, SBS Daftar ke PDIP Malaka

Vinsen menjelaskan, bahwa di lokasi yang ada di malaka barat, Desa Umatoos ini memiliki 30 Kelompok Tani.

“Dari 30 Kelompok Tani ini ada 400 orang yang menjadi Anggota,” Katanya Vinsen.

Lebih lanjut Vinsen mengatakan, bahwa dari sekian jumlah yang ada saat ini, masih ada penambahan yang sedang di data oleh Dinas Pertanian Malaka.

“Kami sementara mendata semua pemilik lahan yang ingin tanam Kacang Hijau (Fore Lakateu) ini,” Kata Kadis Pertanian Malaka ini.

Ia menyatakan bahwa ini juga pendampingan dari BPN dan simpatisan yang mau tanam kacang Hijau (Fore Lakateu) ini.

Baca Juga :  Bupati Malaka Serukan "Bonum Commune Suprema Lex" Saat Buka Rakor Pamong Praja

“Ini tidak menuntut kemungkinan Bapak dan Ibu Petani saja. Tetapi untuk semua masyarakat seperti TNI, Polri dan pensiunan, dan kita mendata semua,” Ujarnya

Pada kesempatan itu juga, Kadis Pertanian Melaporkan bahwa untuk sekarang, pemda malaka melalui Bupati Simon Nahak akan melakukan Panen Perdana Secara Simbolis.

“Panen perdana di lokasi saat ini 1 Hektar. Sedangkan di kecamatan wewiku akan menjadi berikutnya setelah kita panen ini,” Katanya.

Hadir mendampingi Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., MH dalam Panenen Kacang Hijau ini yaitu semua perangkat OPD Kabupaten Malaka dan disambut baik oleh Camat Malaka Barat bersama Desa Umatoos.