Penyerahan Cata PK TNI AD ke Sub Panpus disaksika Komandan Kodim Se-NTT

Kupang,kabar-malaka.com-Sebanyak 183 Orang Calon Cata PK sumber reguler diserahkan oleh Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A., selaku ketua Sub Panda NTT kepada Ketua Panitia Pusat (Panpus) Brigjen TNI Iman Budiman, S.E. dan laporan resmi Ketua Sub Panda NTT Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A. kepada Ketua Sub Panpus.

Dalam Penyerahan Cata PK TNI AD Gelombang 1 TA. 2022 Sumber Reguler dari Ketua Sub Panda kepada Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., selaku Ketua Panitia tingkat Pusat digelar di lapangan Apel Korem 161/WS Jln. W.J Lalamentik, Oebufu Kota Kupang, Rabu (13/04/2022).

Sementara itu Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S.E., menyampaikan, “yang saya hormati Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti selaku Ketua Panda beserta jajaran Panitia Daerah dan saya hormati para Panitia Sub Panpus Udayana di Korem 161/Wira Sakti, pada hari ini kita hadir disini untuk menyaksikan proses alih-alih tahap dari kewenangan Werving di tingkat Kotama menuju kewenangan Werving atau rekrut ke tingkat Pusat sebagai tugas Kodam IX/Udayana dalam memeriksa/ menyeleksi calonnya telah dilakukan melalui dua tahapan. Tahap pertama adalah tahap kampanye sampai dengan seleksi adminitrasi 1 dilakukan di Sub Panda Kodim masing-masing untuk melakukan persiapan dan pembinaan”.

Baca Juga :  Kapal Cantika77 Rute Kupang-Alor Terbakar di Perairan Pulau Timor

“Kedua rangkaian Werving dan seleksi di tingkat Daerah yang merupakan kewenangan Pangdam IX/Udayana dilakukan seharusnya di Kodam IX/Udayana, Bali namun karena daerahnya yang luas kemudian didelegasikan ke Korem 161/Wira Sakti dalam hal ini Panitia Daerah ditunjuklah Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti untuk melakukan tugas Pangdam IX/Udayana dalam menyeleksi anda kemari. Kepala Staf Korem (Kasrem) diberikan perangkat yang dimiliki oleh Pangdam IX/Udayana dan perangkat yang dimiliki oleh kasad untuk memilih 1.500 peserta sesuai animonya dan ditemukan 366 orang yang memenuhi syarat terbaik dan diseleksi lagi menjadi 183 orang yang memenuhi persyaratan. Sampaikan kepada orang tuamu bahwa dirimu telah dibina, dibangun dan memenuhi persyaratan dari hasil seleksimu sendiri”, ungkapnya.

Selanjutnya Komandan Korem 161/Wira Sakti selaku ketua Sub Panpus menyampaikan bahwa, “kondisi psikologimu adalah masuk pada kriteria memenuhi persyaratan, kondisi fisikmu memenuhi persyaratan, kondisi kesehatanmu memenuhi persyaratan sementara kondisi mental ideologi mu baru akan kita periksa secara mendalam. Mental Idiologi (MI) adalah bagian dari tugas Negara yang leading sektornya adalah Kemenpan RB untuk melakukan seleksi pemilihan calon aparatur Negara dengan bersih dan bebas KKN itu persyaratan teratasnya”, kata Budiman.

Baca Juga :  Dipindahkan Tanpa Dasar Yang Jelas Membuat Anak-Anaknya Hampir Putus Sekolah, Istri Kapten Irwan Minta Penjelasan Dari Pimpinan 743

“Oleh karenanya, titik berat dari seleksi Panitia Pusat terhadap anda semua yang sudah memiliki potensi dengan kriteria memenuhi persyaratan tinggal dua saja sebenarnya, yaitu ; pertama bersih, terbebas dari KKN percaloan karena anda akan menjadi Abdi Negara dan tidak boleh ada perilaku dirimu maupun keluargamu yang mencacati aturan UU kita *Clean government dan Good governance.* Pemerintahan yang bersih dimulai dari rekrut keluarga yang mau melakukan tindakan bersih, tidak ada politik uang, politik tanah atau politik apapun untuk meloloskan anda. Anda lolos dan lulus hanya karena kemampuan dirimu dan hasil dari orangtuamu membangun dirimu. Para Dandim sebagai Wakil Forpimda, Pimpinan Daerahmu mendorong kamu dan mempromosikan kamu ke Panitia Pusat”, tegasnya.

Baca Juga :  Sambut Festival Budaya timur sedunia,PPFB Amanuban Audiensi Bersama Danrem 161/WS

Selanjutnya pemaparan mekanisme pelaksanaan seleksi Sub Panpus yang disampaikan oleh Kasipers Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Caj Heru Wahyu Jatmiko dihadapan peserta memaparkan bahwa mulai masuk terpusat pada tanggal 15 April 2022 yang bertempat di SPN Kupang. Mulai dari sekarang sampai 15 April itu tanggung jawabnya Dandim masing-masing sebelum masuk ke SPN.

Mekanismenya tanggal 15 April 2022 semua calon sudah berada di dalam kesatrian Sekolah Polisi Negara (SPN) Kota Kupang dan semua calon akan diberikan nomor pendaftaran dan terkoordinir masing-masing Kodim. Kemudian pada tanggal 16 dan 17 April 2022 sudah di mulai test yakni Litpers secara tertulis dan Keswa secara tertulis. Sebelumnya, peserta akan dibagi menjadi 4 kelas ; Kelas A,B,C dan D berdasarkan nomor pendaftaran. Semua calon tidak diijinkan membawa alat komunikasi HP dan semua kegiatan di koordinir oleh Sub Panpus”, paparnya.

Hadir pada Apel penyerahan Cata PK TNI AD Gel. I TA. 2022 ; Kasrem 161/Wira Sakti, para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, para Dandim Se-NTT dan Panitia Sub Panda NTT serta Sub Panpus.