Daerah  

Bupati Simon Nahak, Beras Nona Malaka akan Jadi andalan utama di Kabupaten Malaka

Reporter: */YBEditor: Redaksi

Malaka,kabar-malaka.com-Pihak Universitas Timor (Unimor) memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malaka yang diejawantahkan dalam program-program Sakti.

Program-program itu sangat menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan memberikan dampak yang positif.

Apresiasi itu tercermin dalam diskusi hangat yang dibangun antara Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dengan para Dosen Unimor di bawah pimpinan Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, MP yang berlangsung di ruang rapat Bupati Malaka, Selasa (22/3/2022).

Sebelum diskusi dimulai, Bupati Simon yang pernah menjadi Konsultan Hukum Gubernur Bali itu menggambarkan program kerja yang sudah hampir setahun berjalan.

“Paling tidak kami sudah menjalani program kerja selama 1 tahun dan banyak tanggapan positif yang kami terima. Memang ada kendala dan tantangan, akan tetapi dengan adanya komunikasi yang intens dengan masyarakat dan berbagai elemen, program kerja dapat terus bergerak,” ungkap Bupati SN

Baca Juga :  Gelar Sertijab, Camat Loura Tegaskan Pj. Kades Totok Jangan Korupsi

Bupati berprofesi Lawyer ini lebih detail menggambarkan program Swasembada Pangan yang menjadi prioritas yang terus digenjot.

“Sekarang kami fokus dengan program di bidang pertanian yang mana brand beras Nona Malaka dan Fore Lakateu menjadi andalan utamanya. Tahun ini pemerintah daerah akan launching, sehingga menjadi salah satu kekhasan di Rai Malaka ini,” tandasnya sambil menambahkan bahwa program lain pun tidak diabaikan tapi akan seiring sejalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Sehubungan dengan itu, Bupati yang karib disapa SN meminta kepada pihak Unimor Kefamenanu agar bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka untuk mewujudkan program Swasembada Pangan.

“Sebagai Bupati yang berlatar belakang akademisi, Saya minta kepada pihak Unimor agar dalam mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi dapat bekerja sama dengan Pemda Malaka untuk memberikan pendampingan kepada para stakeholder yang berkepentingan di bidang pertanian,” harap Bupati.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak Panen Perdana Fore Lakateu dikelompok Tani Beilout

Dr. Paulus Klau Tahuk, S.Pt, MP pada kesempatan yang sama menyambut baik program yang dijalankan Bupati dan Wakil Bupati Malaka periode 2021-2026. Menurutnya program itu berhubungan erat dengan kehidupan masyarakat Malaka sehingga sangat mudah diterapkan.

“Mendengar pemaparan dari Bupati Malaka disertai dengan capaiannya, kami dari pihak Unimor mendukung sepenuhnya dan siap berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Ketua LP2M Unimor Kefamenanu.

Sementara untuk pendampingan kepada masyarakat petani melalui kegiatan pengabdian, pihaknya selalu siap dan akan berkoordinasi lebih lanjut.

Hal yang sama diungkapkan, Dr. Werenfridus Taena, SP, M.Si dan Dr. Nikolas Nik, SP, M.Si. Keduanya sepakat untuk membantu Pemda Malaka dengan melakukan penelitian tentang kualitas dua brand yang ditawarkan Pemda Malaka.

Baca Juga :  Greg Nahak : PT. IDK Telah Memberikan Kontribusi Besar Dalam Membantu Kesulitan Ekonomi Masyarakat

“Untuk kebaikan banyak orang dan kepentingan yang lebih besar, kita sebagai lembaga akademik siap membantu sesuai kapasitas yang kita miliki,” tandas Winfrid Taena yang juga Wakil Rektor I Unimor Kefamenanu.

Hadir dalam kegiatan diskusi ini dari pihak Pemda Malaka Carloz Monis Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Malaka, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Yohanes Klau, Kadis PU Yohanes Nahak, Kabag Pemerintahan Rochus Funay, Kabag Prokopim Ahmad Nenometa.

Sementara dari pihak Unimor Kefamenanu selain Rektor hadir juga Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd, M.Si, Eduardus Yosef Nenobeni, SP, MP dan Yulius Bria Berek, SE, Pranata Humas Ahli Pratama Unimor Kefamenanu.