Daerah  

Bentuk Desa Pancasila dan Desa Berdikari, Bupati Simon Gelar Rapat Teknis

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak., S.H.,M.H

Malaka,kabar-malaka.com- Pemerintah Kabupaten Malaka Mengambil langkah Cepat untuk merintis Desa Pancasila dan Desa Berdikari,Setelah pada awal bulan tepatnya tanggal 9 Maret 2022 lalu bertemu dan berdiskusi dengan Dirjen PDTu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Surabaya, Jawa Timur.”Dalam Realisasinya Bupati Malaka Dr.Simon Nahak., S.H., M.H Langsung Pimpin Rapat Teknis.

Rapat teknis yang berlangsung pada Senin (21/3/2022) di ruang rapat Bupati Malaka itu menghadirkan Asisten Pemerintahan Sekda Malaka, Yoseph Parera, Kepala Dinas Nakertrans Vinsensius Babu, Kepala Dinas Pemerintahan Desa Agustinus Nahak, Camat Wewiku, Camat Laenmanen dan perwakilan masyarakat, untuk melihat hal-hal yang berkaitan erat dengan kondisi wilayah dan kriteria yang harus segera dipenuhi.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak, Beras Nona Malaka akan Jadi andalan utama di Kabupaten Malaka

Bupati Simon menegaskan, usulan Pemda Malaka untuk adanya dua desa tersebut mendapat sambutan yang positif dari Kementerian Desa dan PDTT. Apalagi keberadaan Kabupaten Malaka di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

“Makanya kita percepat dengan mempersiapkan dokumen dan berkas-berkas yang perlu untuk dikonsultasikan dengan pihak Kementerian. Sehingga Saya undang dinas tekhnis untuk mempresentasikan hal-hal yang berkaitan dengan upaya ini,” ujar Bupati.

Lanjut orang nomor satu di Malaka ini, upaya seperti ini butuh kerja keras dan komunikasi yang intens.

Baca Juga :  Dipindahkan Tanpa Dasar Yang Jelas Membuat Anak-Anaknya Hampir Putus Sekolah, Istri Kapten Irwan Minta Penjelasan Dari Pimpinan 743

“Kementerian melihat keberadaan daerah kita di perbatasan dan adanya kerja keras dan komunikasi yang baik, sehingga ketika kita sodorkan usulan ini, disambut dengan sangat baik dan malahan Pemda Malaka diminta untuk mempercepat proses ini,” tandas Bupati Malaka yang berprofesi Advokad ini.

Camat Wewiku Yohanes Klau dan Camat Laenmanen Blasius Berek di hadapan Bupati Malaka menyatakan siap mendukung upaya positif ini.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat di wilayah kami, dan sambutannya sangat baik. Oleh karena itu, kami akan segera penuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Yohanes.

Baca Juga :  Dihantar Ratusan Masyarakat, Jefrianus Nahak Seran Resmi Daftar Sebagai Cakades Badarai

Sementara Camat Laenmanen pun menuturkan hal yang sama bahwa masyarakatnya siap menyambut adanya Desa Pancasila dan Desa Berdikari.

Untuk diketahui, pada pertemuan Bupati Malaka dengan Dirjen PDTu Kemendes PDTT, Pemda Malaka mengusulkan Desa Pancasila Sakti Bauna yang akan dimekarkan dari Desa Weoe, Kecamatan Wewiku dan Desa Berdikari Buikoun yang akan dimekarkan dari Desa Kapitan Meo.

Pada rapat tekhnis ini, Dinas PMD Kabupaten Malaka melalui Kabid Pemdes memaparkan materi tentang kriteria Desa Pancasila Sakti dan Desa Berdikari.